Tips Melatih Putra Putri Bunda Untuk Berpuasa

oleh -312 views

Beberapa orangtua mungkin akan mencegah anak-anak mereka berpuasa di bulan Ramadan karena rasa kasihan atau takut bahwa anaknya tidak mampu melakukannya. Padahal, anak-anak cukup mampu untuk berpuasa hanya dengan sedikit dorongan.

Dengan memerintahkan mereka untuk mempraktikkan ritus Islam sejak dini, maka akan menjadikan mereka terbiasa.

Oleh karena itu orangtua harus berusaha sebaik mungkin untuk melatih anak-anak berpuasa seperti yang diperintahkan dalam hadis. Ini juga bagian dari cara para sahabat mendidik anak-anak mereka.

Namun, penting untuk dicatat bahwa orangtua tidak boleh membiarkan anak berpuasa jika hal itu menyebabkan kesulitan atau bahaya bagi mereka.

Memastikan Bahwa Anak Siap Secara Fisik

Seperti yang dilansir pada laman ummiandkids.com, para ulama seperti Ata’, al-Hassan, Ibn Sireen, al-Zuhri, Qatadah dan ash-Shaafa’i berpandangan bahwa anak-anak harus disuruh berpuasa ketika mereka mampu melakukannya.

Al-Awzaa’i juga mengatakan, “Jika dia mampu berpuasa selama tiga hari berturut-turut tanpa henti dan tanpa menjadi lemah, maka dia harus berpuasa Ramadan.”

Perintahkan Anak untuk Berpuasa pada Usia 10 Tahun

Ulama lain menyebutkan usia 10 tahun bagi anak-anak untuk berpuasa, dengan mengacu pada hadis memerintahkan anak-anak untuk sholat seperti yang dikutip di bawah ini. Pasalnya, keduanya berasal dari ibadah fisik yang juga dari rukun Islam.

728×90 Leaderbord

Rasulullah bersabda: “Perintahkan anak-anak untuk salat ketika mereka berusia tujuh tahun, dan pukullah mereka untuk itu ketika mereka berusia sepuluh tahun; dan mengatur tempat tidur mereka secara terpisah. “(Dari Abi Dawud 495, Dinilai Hassan Sahih oleh Al-Albani)

Para ulama seperti Imam Ibn Hajar al-Asqalani telah merekomendasikan untuk melatih anak-anak kita berpuasa sebelum mereka mencapai usia pubertas agar mereka terbiasa pada saat mereka dewasa nanti. Hal ini didasarkan pada perbuatan para sahabat Nabi Saw, di mana mereka berusaha keras mendidik anak-anaknya untuk berpuasa di usia muda. Seperti dalam hadis di bawah ini:

Khalid Ibn Dhakwan berkata: “Kami membuat mainan dari wol dan membawanya ke masjid bersama kami. Ketika mereka (anak-anak) meminta kami untuk makan, kami memberi mereka mainan ini untuk dimainkan, dan ini membuat mereka lupa sampai mereka menyelesaikan puasa mereka.” (Sahih Muslim no 1136)

Demikianlah ulasan tentang umur paling ideal untuk melatih dan membiasakan anak berpuasa. Semoga bermanfaat.