TMMD Reguler Ke-116 Kodim 0735/Surakarta Hari Ini Resmi Ditutup

Daerah426 Dilihat

 

Surakarta –Bertempat di Lapangan Prawit Jl. Sriwijaya Utara II RT. 1 RW. 2 Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta telah berlangsung Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-116 Tahun 2023 Kodim 0735/Surakarta, dengan Tema ” Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan TNI – Rakyat Semakin Kuat “. Sebagai Inspektur Upacara Dan Wingdik 400/Matukjur Lanud Adi Soemarmo Kolonel Pas RH. Aritonang, S.I.Kom.,M.Han yang diikuti sekitar 350 orang, Kamis (08/06/2023).

Turut hadir dalam peaksanaan kegiatan tersebut Kadispotdirga Lanud Adi Soemarmo Kolonel Tek Saparkolip, S.Sos., M.M, Dandim 0735/Surakarta Letkol Inf Devy Kristiono, S.E.,M.Si, Wakil Walikota Surakarta Drs. Teguh Prakosa, Dandenpom lV/4 Ska Letkol Cpm Teguh Ariwibowo, S.H, Dandenpal IV/4 Letkol Cpl Agung Soeprajitno, S.E, Dandenbekang lV-44-04 Ska Letkol Cba Mujiyono, Dandenkesyah 04-04-04 Ska Letkol Ckm dr. Dini Hendriyanto, Sp.PD, serta segenap tamu undangan lainnya.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjend TNI Widi Prasetijono dalam amanatnya yang dibacakan oleh Inspektur Upacara menegaskan bahwa program TMMD merupakan salah satu upaya TNI dalam memperkuat ketahanan masyarakat sebagai potensi kewilayahan. Program TMMD yang dimulai sejak tahun 1980-dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD) sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia yang sebagian besar tinggal di daerah pedesaan. TMMD juga dimaksudkan untuk mempercepat pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah-wilayah yang masih sangat membutuhkan.

“Oleh karena itu, pada tahun 2023 ini, Kodam IV/Diponegoro menggelar program TMMD Reguler ke-116 secara tersebar di Kabupaten Pekalongan, Kebumen, Kudus, dan Kota Surakarta. Program TMMD ini merupakan wujud kepedulian Kodam IV/Diponegoro untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong serta kemanunggalan antara TNI dan Rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah yang sangat dibutuhkan masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan bersama, hal ini sesuai dengan tema TMMD ke-116 TA 2023 yaitu “SINERGI LINTAS SEKTORAL MEWUJUDKAN KEMANUNGGALAN TNI-RAKYAT SEMAKIN KUAT.”tegasnya.

“Saya bangga, berkat kerja sama dan kerja keras para anggota TNI-Polri, Pemda dan masyarakat, sasaran TMMD baik fisik maupun non fisik dapat tercapai. Sasaran fisik TMMD berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur diantaranya pembangunan sarana transportasi, pembuatan jembatan, tanggul, pemasangan gorong-gorong, pembangunan gapura, pembuatan pos kamling, sarana olahraga, renovasi rumah ibadah, sekolah dan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) serta pembangunan sarana sanitasi warga dapat diselesaikan tepat waktu.”terangnya.

“Selain itu, sasaran non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang Bela Negara, Ketahanan Nasional, Stunting, Posyandu, dan Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) juga dapat dilaksanakan dengan baik sesuai rencana. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat.”imbuhnya.

“Pada kesempatan ini, saya selaku Panglima Kodam IV/Diponegoro sekaligus sebagai Pengendali Kegiatan Operasi (PKO), mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh anggota TNI-Polri, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat yang selama satu bulan, sejak tanggal 10 Mei sampai dengan 8 Juni 2023, saling bahu – membahu bersama-sama menyelesaikan program TMMD ke-116.”pungkasnya.

(Agus Kemplu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *