TNI AL Lanal Lhokseumawe Evakuasi Korban Banjir di Desa Gampong Beringin Aceh Utara

oleh -53 Dilihat

 

Aceh Utara,- Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah, mengirim Tim Evakuasi dan Tim Tenaga Medis untuk membantu Masyarakat korban bencana alam banjir di Desa Gampong Beringin LB, Desa Gampong Nga, Desa Gampong Asan LB, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara,
Senin, (03/01/2022).

Setelah mendapat informasi Darurat Bencana Aceh Utara, dan atas izin Komandan Lantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Ahmad Wibisono untuk pengerahan Satgas, Danlanal Lhokseumawe segera mengirimkan Satgas Penanggulangan Banjir TNI AL Lanal Lhokseumawe berjumlah 22 Personil di Pimpin Dansatgas Mayor Marinir Darmo Sugiyono. Satgas ini meliputi Tim Kesehatan dengan 1 unit ambulance dan obat-obatan, Tim Evakuasi dengan mengerahkan material 1 unit Swamboat dan 1 unit Sekoci Karet berikut motor tempelnya, serta Tim Logistik untuk penyediaan dan penyaluran dukungan logistik bagi masyarakat yang terdampak banjir khususnya di dapur-dapur umum milik masyarakat.

Kegiatan Lanal Lhokseumawe terlibat langsung dalam penanggulangan bencana banjir diwilayah kerjanya juga merupakan perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh Pangkalan TNI AL yang ada untuk cepat tanggap dengan mengoptimalkan kemampuan pangkalannya untuk mendukung penanggulangan bencana diwilayah kerjanya sekaligus merupakan dharma bhakti TNI AL kepada Rakyat.

Data Posko Lanal Lhokseumawe untuk 3 Desa Kecamatan Lhoksukon yakni, Desa Asan LB (200 KK) keseluruhan terendam, Desa Nga, Desa Beringin LB (189 KK) keseluruhan terendam air.

Kurang lebih ada sekitar 2000 jiwa di tiga Desa tersebut yang saat ini masih mengalami genangan air yangg belum surut. Sementara data dari Aceh Utara sendiri bahwa banjir ini merata hampir seluruh wilayah Kabupaten Aceh Utara.

Kegiatan Lanal Lhokseumawe mendirikan Posko Banjir bertempat di Meunasah Beringin LB Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara, menyiapkan Sekoci Karet dan Swamboat, melaksanakan evakuasi warga yang masih terjebak banjir dan memberikan bantuan logistik ke dapur-dapur umum masyarakat di 3 desa tersebut, dan memberikan pelayanan kesehatan kepada warga korban banjir bertempat di Posko Banjir maupun kepada masyarakat yang masih bertahan dirumahnya, serta membantu evakuasi warga yang sedang sakit ke lokasi pengungsian yang lebih baik.

Dilain sisi, guna mengurangi trauma bencana pada masyarakat khususnya anak-anak, Lanal Lhokseumawe juga mengajak anak-anak untuk rekreasi menaiki alat apung Lanal berupa Swamboat Wind Proppellant yang cukup asing bagi masyarakat dengan adanya baling-baling seperti pesawat dibelakang boat. Mereka diajak berkeliling di lokasi persawahan yang masih tergenang banjir.

Dalam kesempatan ini juga, Lanal Lhokseumawe bekerja sama dengan Pertamina Hulu Energi Lhoksukon Aceh Utara, menyalurkan bantuan sembako berupa beras 15 kg sebanyak 15 sak, beras 10 kg sebanyak 20 sak, indomie 21 dus, minyak goreng 8 dus, telor ayam 1500 butir, air mineral 80 dus yang disalurkan langsung ke tiga desa oleh Tim Lanal Lhokseumawe dipimpin Danlanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah serta Tim dari Pertamina PHE dari Lhoksukon Aceh Utara.

Sampai sejauh ini, Satgas Bencana Banjir Lanal Lhokseumawe masih melaksanakan evakuasi Banjir di Kecamatan Lhoksukon, dan belum ditemukan adanya korban jiwa akibat banjir, sebagian warga sudah mengamankan diri ke Posko Banjir dan masih ada yang tetap bertahan di rumah mengamankan barang berharga mereka.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan untuk membantu masyarakat terdampak banjir akibat tingginya curah hujan, Lanal Lhokseumawe juga terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat dan lembaga terkait untuk turut serta bersinergi demi mempercepat pulihnya keadaan nasyarakat akibat dampak banjir, diharapkan dengan adanya kegiatan ini, TNI AL Lanal Lhokseumawe dapat dapat meringankan beban para korban banjir.

(Pen Lanal LSE)

No More Posts Available.

No more pages to load.