TNI AL Lanal Tanjung Balai Asahan Tabur Bunga di Selat Malaka Peringati Pertempuran Laut

oleh -31 views

 

Tanjung Balai, 15 Januari 2022,– Komandan Pangkalan TNI AL TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory dan Bupati BatuBara Ir. H. Zahir serta Forkopimda Batu Bara berlayar bersama KAL Pandang 1-I-72 mengikuti prosesi upacara dan tabur bunga di tengah laut dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudra TNI AL tahun 2022 dalam mengenang pertempuran di laut Arafuru Maluku.

Seusai upacara, dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga ke tengah laut oleh Danlanal TBA dan Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir untuk dilarungkan ke lautan, selanjutnya semua pejabat Forkopimda mendapat giliran untuk melakukan hal yang sama.

Pertempuran di laut Arafuru antara kapal-kapal perang Republik Indonesia di bawah pimpinan Komodor Yos Sudarso melawan kapal perang Belanda pada 15 Januari 1962 menjadi titik sejarah penting bagi TNI Angkatan Laut, peristiwa tersebut dijadikan tonggak sejarah yang selalu diperingati sebagai hari Dharma Samudera 15 Januari. Nilai-nilai perjuangan, keteladanan dan kepemimpinan yang telah ditorehkan oleh para prajurit Jalasena yakni Komodor Yos Sudarso beserta para kusuma bangsa patut menjadi contoh dan teladan bagi generasi penerus bangsa.

Upacara Hari Dharma Samudera yang digelar di atas KAL Pandang ini, turut dihadiri oleh Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, Forkopimda Batu Bara, Instansi Maritim dan Ketua PKK Kabupaten Batu Bara Ny. Zahir, Ketua Cabang 7 Korcab I DJA I Ny. Shinta Etwiory. Bertindak selaku inspektur upacara Komandan LANAL TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory dan Komandan upacara Kapten Laut (P) Irwan.

(Pen Lanal TBA)

No More Posts Available.

No more pages to load.