TONGKAT KEPEMIMPINAN KOLINLAMIL DISERAHTERIMAKAN

TONGKAT KEPEMIMPINAN KOLINLAMIL DISERAHTERIMAKAN

Nasional501 Dilihat

 

Berita Kolinlamil TNI AL, 20 November 2023 ——- Tongkat kepemimpinan Komando Lintas Laut Militer diserahterimakan dari Laksamana Muda TNI Edwin, S.H., M.Han., M.H. kepada Laksma TNI Hudiarto Krisno Utomo,PSC(J)., M.A., M.M.S., CHRMP dalam upacara parade yang berlangsung di lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (20/11). Laksda TNI Edwin selanjutnya akan melanjutkan tour of duty-nya dengan menempati jabatan Asrena Kasal. Upacara serah terima jabatan Panglima Kolinlamil dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Dr.Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. Dalam kesempatan tersebut diserahterimakan pula jabatan Komandan Pushidrosal dari Laksdya TNI Nurhidayat, S.H., M.A.P. yang akan memasuki masa purna tugas kepada Laksda TNI Budi Purwanto, S.T., M.M. yang sebelumnya menjabat Wadan Pushidrosal.

Kasal dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam menghadapi perkembangan lingkungan strategis yang sangat dinamis, TNI AL dituntut untuk mampu beradaptasi dengan baik. Berbagai bentuk permasalahan yang merupakan tantangan dalam aspek penegakan kedaulatan, penegakan hukum, diplomasi, pengembangan kekuatan serta pemberdayaan matra laut, menjadi core bussiness TNI AL dalam rangka mewujudkan visi pemerintah sebagai negara maritim. Menurut Kasal, peran penting yang diemban oleh setiap jajaran TNI AL memiliki porsi yang sama dalam mendukung rencana pembangunan kekuatan menuju TNI AL yang profesional, modern dan tangguh.

“Selama ini, Pushidrosal dan Kolinlamil telah berhasil menunjukkan kinerja dan kontribusi yang nyata, baik dari aspek kesiapan alutsista, sarana prasarana pendukung dan aspek sumber daya manusia. Capaian dan prestasi yang telah ditunjukkan selama ini, tentu tidak lepas dari karakter, kerja keras serta dedikasi dari seorang pemimpin.” ungkap Kasal.

Rangkaian sertijab Danpushidrosal dan Pangkolinlamil dimeriahkan dengan berbagai atraksi kesenian daerah dan bela diri yang dikolaborasikan dalam satu pertunjukan. Usai pelaksanaan upacara serah terima jabatan dilanjutkan dengan Upacara Tradisi Pataka dan pengantaran Laksda TNI Edwin beserta Ny. Wenny Edwin meninggalkan Mako Kolinlamil. Selanjutnya, acara ditutup dengan penyambutan Panglima Kolinlamil Laksma TNI Hudiarto Krisno Utomo beserta Ketua Gabungan Jalasenastri Kolinlamil Ny. Irna Hudiarto Krisno Utomo oleh seluruh prajurit dan PNS Kolinlamil. (Dispen Kolinlamil)