Tonin: Ahli Balistik PUSLABFOR Asalnya SMA IPA atau IPS?

oleh -461 views

 

Beberapa keterangan Ahli Balistik di persidangan Mayjen TNI Purn Kivlan Zen menandakan kesulitan menerjemahkan berbagai pertanyaan yang diajukan Penasehat Hukum Ir. Tonin Tachta Singarimbun SH terkait senjata dan peluru.

Saat ditanyakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil uji coba Balistik terhadap butir peluru yang ditanyakan, AKP Sopan Utomo menjawab 1 sd 5 jam.

“Saya ulangi pertanyaan, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui hasil yang uji tersebut?” Tanya Tonin kembali.

Karena masih belum menjawab dengan pasti berapa lama waktu yang dibutuhkan, maka salah seorang anggota majelis hakim ikut bantu bertanya kepada Ahli Balistik dari Mabes Polri.

“Begini saja. Dulu lulusan SMA mana?” Tanya Tonin.

“SMA Solo,”Jawab Ahli.

728×90 Leaderbord

” IPA atau IPS?” Lanjut Tonin bertanya.

“IPS,” jawab Ahli.

Melihat suasana sidang, dimana kuasa hukum terdakwa berupaya mengeksplorasi saksi yang berasal dari kepolisian, semakin jelas betapa penting peran seorang Penasehat Hukum agar mampu menegakkan keadilan dengan mengungkap kebenaran lewat fakta – fakta persidangan di ruang Pengadilan.

Bayangkanlah, Polisi saja bisa kesulitan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Penasehat Hukum Ir. Tonin Tachta Singarimbun SH dari terdakwa Kivlan Zen. Padahal dunia penyidikan tentu tidak asing bagi seorang polisi. Mereka mempunyai kemampuan dalam penyelidikan dan penyidikan terhadap saksi dan atau tersangka saat bertugas. Apalagi masyarakat biasa saat berhadapan dengan polisi saat DI-BAP di kantor polisi bila tanpa didampingi Penasehat Hukum.