Toyota dilaporkan akan memanfaatkan teknologi Huawei untuk meningkatkan kemampuan berkendara cerdas atau smart driving

Toyota dilaporkan akan memanfaatkan teknologi Huawei untuk meningkatkan kemampuan berkendara cerdas atau smart driving

Otomatif139 Dilihat

Toyota dilaporkan akan memanfaatkan teknologi Huawei untuk meningkatkan kemampuan berkendara cerdas atau smart driving pada kendaraannya.

Menurut laporan dari Tencent News, dikutip Selasa (9/4/2024), model global Toyota akan menggunakan solusi yang dikembangkan bersama dengan Huawei serta startup Momenta.

Solusi ini berbeda dari sistem ADS yang dimiliki Huawei. Kali ini Momenta dan Huawei masing-masing memberikan kontribusi dalam hal perangkat lunak dan perangkat keras, dan ketiganya bekerja sama dalam proses integrasi tersebut. Rencana spesifik kolaborasi ini diperkirakan akan diumumkan dalam pameran otomotif di Beijing pada 25 April hingga 4 Mei 2024.

Perjanjian kemitraan antara Momenta dan Toyota telah diumumkan sebelumnya pada 18 Maret 2020 dengan fokus pada penyediaan peta dan penggunakan teknologi kamera, serta untuk mendorong komersialisasi platform pemetaan otomatis Toyota di Tiongkok.

Pada 2021, Momenta menyelesaikan putaran pendanaan Seri C senilai US$ 500 juta. Dalam putaran pendanaan tersebut, Toyota sebagai salah satu investor utama.

Sebelumnya, kerja sama antara Toyota dan Huawei difokuskan pada pengembangan smart cockpit. Bulan lalu, diluncurkan Camry generasi kesembilan yang dilengkapi dengan sistem kendaraan yang dikembangkan Toyota bersama Huawei, khusus untuk pasar China. Toyota saat ini juga menawarkan model kendaraan listrik di China, termasuk bZ3 dan bZ4X, meskipun popularitas model-model EV Toyota masih terbatas dibandingkan dengan kendaraan konvensional.