Tran Mai Son, ditangkap polisi setelah mengkritik mobil nasional Vietnam, VinFast. Dilaporkan Drive

Tran Mai Son, ditangkap polisi setelah mengkritik mobil nasional Vietnam, VinFast. Dilaporkan Drive

Otomatif83 Dilihat

Seorang guru di Vietnam, Tran Mai Son, ditangkap polisi setelah mengkritik mobil nasional Vietnam, VinFast. Dilaporkan Drive, Rabu (14/2/2024), Tran Mai Son ditangkap karena terus-terusan menghujat VinFast dan grup perusahaan Vingroup melalui sosial media Facebook dengan nama akun Sonnie Tran.

Di akun Facebook ituTran Mai Son memang sangat rajin mengkritik VinFast. Dia kerap mengkritik masalah operasional VinFast terang-terangan.

Hanya saja sejak unggahan terakhir pada Desember 2023, aktivitas akun Facebook Sonnie Tran tiba-tiba tidak aktif.

“Tran Mai Son ditangkap untuk mengklarifikasi semua tulisan yang dia buat mengenai VinFast. Diyakini tulisan-tulisan itu memiliki efek negatif buat mereka,” tulis Drive.

Penangkapan itu diketahui merupakan upaya klarifikasi. Pasalnya Tran Mai Son dianggap telah melanggar peraturan yang ada di Vietnam tentang kebebasan berpendapat.

Dalam peraturan itu diketahi semua orang yang menyalahguhnakan kebebasan berpendapat untuk melanggar kepentingan negara, hak-hak yang sah, dan kepentingan organisasi dan/atau warga negara dapat diancam pidana hukuman penjara selama 36 bulan atau 3 tahun.

Sementara Inside EV menyebutkan, Tran Mai Son hanya ditangkap selama 24 jam. Selama penangkapan itu dia memang harus memberikan klarifikasi atas semua tulisan-tulisan kritis buat VinFast dan Vingroup.

Begitu juga dengan VOA Vietnam yang menyebutkan pihak kepolisian merasa perlu memeriksa Tran Mai Son terkait adanya laporan dari VinFast dan Vingroup.  Polisi mempertanyakan motif Tran membagikan kritikannya secara online dan apakah ada organisasi atau kelompok tak dikenal yang memengaruhi tindakannya.

VOA Vietnam mengklaim beberapa artikel Tran Mai Son dibagikan di akun Facebook miliknya dengan jumlah pengikut 3.000 akun dan 1.000 teman. Kritikan-kritikan Tran Mai Son juga sering diedarkan di grup Facebook Financial Uncoverings yang memiliki sekitar 176.000 anggota.

Drive belum dapat memverifikasi laporan ini karena profil dan postingan Facebook Tran tidak tersedia di platform media sosial.