Tren boyband dan girlband di industri K-Pop terbukti cukup konsisten dari masa ke masa

oleh -438 views

Tren boyband dan girlband di industri K-Pop terbukti cukup konsisten dari masa ke masa. Meski rasio grup yang lahir dan yang sukses cukup timpang, format grup masih cukup menjanjikan sampai saat ini.

Padahal sebuah grup sangat rentan dengan berbagai permasalahan. Pertama dari sisi anggaran pre-debut hingga debut yang tentunya lebih mahal dari penyanyi solo, usaha ekstra untuk menjaga para member, hingga adanya ketimpangan dari segi popularitas.

Karenanya tak jarang grup mengalami perpecahan atau ditinggal member. Tak jarang para idol justru meraih sukses yang lebih besar saat memutuskan berkarier secara solo. Beberapa idol K-Pop ini buktinya.

Sunmi

Jadi bagian dari grup legendaris, Wonder Girls, Sunmi dkk mengalami karier yang cemerlang. Namun nama Sunmi sendiri justru meroket setelah ia memutuskan bersolo karier.

Setelah grup diumumkan bubar, ia merilis beberapa karya yang sukses jadi hits besar. Sampai saat ini pun ia mempertahankan reputasi sebagai salah satu solois yang digemari fans remaja maupun dewasa.

Chung Ha

Kim Chungha mulai dikenal publik setelah mengikuti ajang Produce 101. Ia berhasil lolos dan debut sebagai salah satu member bersama Somi dkk.

Setelah project grup dibubarkan, Chung Ha mulai mengeksplor musikalitasnya lebih jauh. Namanya makin melambung sejak lagu Gotta Go meledak di pasaran. Ia juga sempat berkolaborasi dengan sejumlah nama besar seperti Rich Brian dan Rain.

Zico

Idol yang satu ini masuk jajaran musisi dengan otak jenius. Ia telah memproduksi berbagai karya yang dibawannya sendiri, maupun oleh penyanyi lain.

Meski Block B, grup yang diperkuat Zico belum dinyatakan bubar, eksistensi mereka dipertanyakan karena lama hiatus. Zico pun makin meroket dengan lagu-lagu hitsnya seperti Any Song dan Summer Hate.

Suzy

Saat pertama kali muncul bersama miss A, nama Bae Suzy mungkin masih belum jadi magnet seperti sekarang. Namun ketika ia memulai aktivitas individu dan solo karier, ia jadi selebriti perempuan paling populer hingga sekarang.

Karier Suzy lebih difokuskan ke dunia akting dengan beberapa drama yang sudah ia bintangi. Namun ia tak meninggalkan musik dan masih merilis karya baru atau sekedar jamming untuk menghibur penggemar.

Jay Park

Jay Park keluar dari zona nyaman saat menyatakan hengkang dari 2PM. Pada 2009 ia meninggalkan Korea dan memulai karier di Amerika Serikat.

Tak percuma, langkah itu membawa perubahan besar dalam kariernya. Ia jadi salah satu hip hop artist yang populer di skena musik internasional, dan mendirikan label musiknya sendiri, AOMG Entertainment.

Lee Hyori

Jalan karier seseorang memang tak ada yang bisa memprediksi. Lee Hyori, pernah menjadi bagian dari grup yang cukup populer di masanya, yakni Fin.K.L.

Akan tetapi saat ia memutuskan bersolo karier pada 2003, Hyori mengalami fase yang baru dalam kariernya. Tahun 2006 ia sempat menjadi penyanyi dengan bayaran termaha di Korea Selatan. Dengan sejumlah hits yang merajai chart musik, tak salah jika Hyori dijuluki Nation’s Fairy oleh fansnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.