Tren menarik mengenai konten digital musik, di antaranya merebaknya fenomena wawancara live

0 41

Wendi Putranto, Co-founder ruang kreasi dan tempat pertunjukan live music M Bloc dan seorang manajer band, mengatakan platform digital kini menjadi tren di kalangan seniman, khususnya musisi. Menurut Wendi, selama pandemi, ada tren menarik mengenai konten digital musik, di antaranya merebaknya fenomena wawancara live di Instagram, konten kolaborasi virtual jamming antar musisi, dan tren konser virtual.

Pemanfaatan platform digital juga banyak digunakan oleh musisi untuk melakukan aksi solidaritas. Sebagai contoh kegiatan penggalangan dana yang digagas oleh M Bloc dan Kitabisa.com bertajuk Dana Solidaritas Kreatif C-19 #KreatifDiSaatSulit. Acara ini terdiri dari beberapa kegiatan yang dilaksanakan selama Maret dan April 2020 seperti virtual talkshow dan konser livestreaming.

Diakui dari acara ini berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp 65.093.368. Penyaluran dana bantuan diberikan kepada pekerja kreatif harian (kru band, fotografer panggung, musisi jalanan, seniman pantomim, pekerja kreatif disabilitas, dan komunitas kreatif lainnya), serta tenaga medis.

“Dalam situasi pandemi seperti sekarang, masa depan akan semakin terasa menantang. Namun, kita harus tetap semangat meraih peluang baru, beradaptasi, dan melakukan eksperimen acara yang disesuaikan dengan protokol yang telah ditetapkan. Dalam dunia showbiz, pertunjukan harus terus berjalan,” ujar Wendi, dalam webminar bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Wendi juga yakin bahwa masa-masa pandemi seperti saat ini tidak seharusnya menurunkan semangat musisi baru dalam berkarya. Sebaliknya, musisi harus pintar memanfaatkan platform-platform digital untuk mendistribusikan lagu.

“Namun, yang tidak kalah penting, musisi pendatang baru harus memiliki lagu yang berkarakter dan membuat perencanaan promosi yang berkelanjutan di media massa,” tambah Wendi.

Tercatat secara berkala, Kemparekraf/Baparekraf juga telah mengadakan sharing session seputar musik dan konser musik virtual yang melibatkan musisi-musisi berbakat di Tanah Air. Beberapa di antaranya adalah Ngamen Online hasil kerja sama dengan Institut Musik Jalanan (IMJ), Festival Musik dan Amal Good VibrationsSpirit of Online Performance yang berkolaborasi dengan pelaku seni dan kreatif di Danau Toba, hingga Konser Solidaritas Bersama Jaga Indonesia yang disiarkan secara serentak di beberapa stasiun TV nasional.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ