Tuan rumah gagal meloloskan wakilnya dalam partai final Indonesia Open 2024 yang digelar hari ini

 Tuan rumah gagal meloloskan wakilnya dalam partai final Indonesia Open 2024 yang digelar hari ini

Olahraga47 Dilihat

Tuan rumah gagal meloloskan wakilnya dalam partai final Indonesia Open 2024 yang digelar hari ini, Minggu (9/6/2024), di Istora Senayan Jakarta.

Satu-satunya harapan Merah Putih pada semifinal kejuaraan tahunan kali ini, yaitu ganda putra Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani gagal melaju ke partai pemungkas setelah dalam pertandingan Sabtu (8/6/2024) menyerah kepada Man Wei Chong/Kai Wun Tee dari Malaysia.

Sabar/Reza sempat memberikan perlawanan sangat ketat pada gim pertama sehingga terjadi beberapa kali setting dan menyerah 27-29. Pada gim kedua sempat terjadi tiga kali skor imbang. Namun, setelah skor 9-9, Sabar/Reza gagal menyamakan kedudukan dan terus tertinggal hingga kalah 13-21.

Man/Kai akan bertemu unggulan kedua asal Tiongkok, Liang Wei Kang/Wang Chang. Mereka melaju ke final setelah menundukkan ganda Denmark Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Man/Kai pernah tiga kali bertemu Liang/Wang dan selalu kalah. Perjumpaan terakhir kedua pasangan ini terjadi pada 32 besar Malaysia Open 2024. Saat itu ganda peringkat 20 itu menyerah 12-21 dan 19-21. Liang/Wang kemudian menjadi juara event tersebut.

Tiongkok mengirim enam wakil ke final Indonesia Open 2024 ini. Pada nomor  ganda campuran akan terjadi all China final karena unggulan pertama Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong akan ditantang Ziang Zhen Bang/Wei Ya Xin.

Zheng/Huang pernah lima kali bertemu unggulan kelima itu. Mereka hanya unggul tipis 3-2. Pertemuan terakhir kedua pasangan ini terjadi pada perempat final Singapore Open, 31 Mei 2024. Saat itu Zheng/Huang menang 21-14 dan 22-20.

Pada nomor ganda putri akan terjadi pertandingan final ideal karena unggulan pertama dari Tiongkok Chen King Chen/Jia Yi Fan bakal ditantang wakil Korea Selatan yang juga unggulan kedua Baek Ha Na/Lee So Hee.

Pertemuan unggulan pertama melawan unggulan kedua juga terjadi pada nomor tunggal putri. Unggulan pertama An Se-young dari Korea Selatan akan bertemu Chen Yu Fei dai Tiongkok. Chen sudah bertemu 19 kali dengan An dan menang dalam 11 perjumpaan.

Tiongkok juga meloloskan wakil pada tunggal putra, yakni unggulan kedua Shi Yu Qi. Dia akan bertemu wakil Denmark Anders Antonsen. Shi pernah tujuh kali bertemu Antonsen dan unggul tipis 4-3 dalam rekor pertandingan keduanya.

Terakhir kali pertemuan Shi dengan Antonsen adalah pada final Malaysia Open pada Januari 2024 lalu. Saat itu Antonsen menjadi juara setelah menaklukkan Shi dengan skor 21-14 dan 21-13.

Partai final akan dimulai dengan pertandingan nomor ganda campuran pada pukul 12.00 WIB, sementara ganda putra akan menjadi partai terakhir atau kelima.