Uji klinis tahap ketiga vaksin Covid-19 yang dikembangkan AstraZeneca telah dilanjutkan

oleh -124 views

Uji klinis tahap ketiga vaksin Covid-19 yang dikembangkan AstraZeneca telah dilanjutkan setelah sempat ditunda awal pekan ini karena ditemukannya dugaan efek samping yang serius.

AstraZeneca mengatakan telah mendapat konfirmasi dari Otoritas Regulator Obat-obat Kesehatan Inggris untuk melanjutkan uji klinis, sementara di negara lain masih menunggu konfirmasi.

Perusahaan mengatakan akan bekerja sama dengan otoritas kesehatan di seluruh dunia dan siap dipandu terkait kapan uji klinis bisa dilanjutkan kembali, supaya bisa menyediakan vaksin secara luas, adil, dan nirlaba.

AstraZeneca pada 6 September lalu menunda sementara uji klinis tahap akhir vaksin virus corona karena masalah keamanan serius. Pasalnya, salah satu relawan seorang wanita di Inggris mengalami gejala neurologis yang konsisten dengan gangguan inflamasi tulang belakang (myelitis transversal). Penundaan uji klinis diikuti dengan pemeriksaan oleh pihak yang independen.

Universita Oxford, yang bekerja sama dengan AstraZeneca, mengatakan bahwa, sejauh ini, 18.000 orang telah mendapatkan vaksin percobaan.

“Dalam uji coba sebanyak ini, kemungkinan besar memang akan ada beberapa partisipan yang sakit dan kita harus mengevaluasi dengan cermat demi menjamin keselamatan partisipan,” kata pernyataan Oxford.

 

728×90 Leaderbord