UNSUR BKO GUSKAMLA I KRI SIWAR -646 LAKSANAKAN PASSEX DENGAN KD LAKSMANA TUN ABDUL JAMIL – 135 DI SELAT MALAKA

oleh -238 views

 

Selat Malaka. 22/03/21 KRI Siwar -646 yang tergabung dalam Satgas Patroli Terkoordinasi (Patkor) Malindo 151/21 yang dikomandani Mayor Laut (P) Anugerah A., melaksanakan PASSEX dengan KD Laksmana Tun Abdul Jamil – 135 di Selat Malaka.
Dalam latihan tersebut dilaksanakan beberapa kegiatan antara lain : RV dan Commcheck, Tactical Maneuvering Exercise, Communication Exercise, Flashing Exercise, serta Breakaway formation.

Danguskamla Koarmada I, Laksma TNI Yayan Sofiyan sebagai pemegang kendali operasi Patkor Malindo 151/21 menegaskan bahwa latihan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan interoperability dan kerjasama antara unsur TNI AL dan Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) guna mendukung Patkor Malindo 151/21.

Lebih lanjut, Panglima Koarmada I, Laksda TNI A. Rasyid menyatakan bahwa Patkor yang diselenggarakan kedua Angkatan Laut ini diharapkan mampu menekan pelanggaran hukum, menjaga stabilitas keamanan di Selat Malaka, serta meningkatkan hubungan baik antara TNI AL dengan TLDM.