Untuk melindungi akun WhatsApp Anda agar tidak diakses oleh orang lain, WhatsApp telah melengkapi platformnya dengan berbagai fitur keamanan berlapis

TEKNOLOGI192 Dilihat

Untuk melindungi akun WhatsApp Anda agar tidak diakses oleh orang lain, WhatsApp telah melengkapi platformnya dengan berbagai fitur keamanan berlapis. Namun, masih saja ada orang jahat di luar sana yang melakukan berbagai cara untuk dapat mengakses akun Whatsapp orang lain.

Ada beberapa tanda yang bisa menjadi petunjuk bahwa akun Whatsapp Anda telah dibajak atau orang lain dapat mengakses akun Anda.

1. Teman Anda memberi tahu bahwa mereka menerima tautan spam atau phishing dari akun Whatsapp Anda. Peretas yang memiliki akses ke akun Whatsapp orang lain cenderung mengirimkan banyak spam ke daftar kontak pengguna tersebut.

2. Anda menerima pesan acak dari kontak yang tidak Anda tambahkan sendiri. Peretas terkadang akan menambahkan kontak lain menggunakan akun Whatsapp Anda. Jika Anda menerima pesan apa pun dari kontak yang tidak Anda sadari, orang lain mungkin sedang mengakses akun Whatsapp Anda.

3. Informasi kontak Anda telah diubah. Saat melihat-lihat profil, Anda melihat ada beberapa perubahan pada detail akun Anda. Misalnya, mereka dapat mengubah foto tampilan, nama, atau status Anda.

Sekarang, Anda memiliki kecurigaan bahwa seseorang telah meretas akun Whatsapp Anda. Ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk memeriksa ulang apakah akun Anda benar-benar telah diakses oleh orang lain.

1. Periksa kontak Anda untuk mencari teman baru.
Salah satu tanda bahwa akun Anda bisa diakses oleh orang lain adalah ada teman baru yang ditambahkan ke daftar kontak Anda yang tidak Anda ketahui. Anda dapat melihat daftar kontak Anda dan memeriksa untuk melihat siapa yang tidak Anda tambahkan atau tidak pernah terdengar. Jika ada teman baru yang tidak Anda tambahkan sendiri, maka ada kemungkinan orang lain sudah memiliki akses ke akun Whatsapp Anda.

2. Periksa pesan obrolan Anda.
Periksa pesan obrolan terbaru Anda dan lihat apakah ada pesan yang Anda sendiri tidak ingat pernah mengirimnya.

3. Periksa Whatsapp Web.
Jika Anda sudah memeriksa kontak dan pesan, tetapi masih curiga ada orang lain yang dapat mengakses akun Whatsapp Anda, coba juga lihat apakah peretas menggunakan Whatsapp Web Anda. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memeriksa Whatsapp Web Anda:

  • Buka “Pengaturan” dengan meng-klik tiga titik di kanan atas layar.
  • Pilih “Whatsapp Web” dari opsi. Jika kamera Anda terbuka, itu berarti tidak ada yang memiliki akses ke Whatsapp Web Anda dan Anda akan diminta untuk memindai kode QR untuk masuk ke Whatsapp Web.
  • Pindai kode QR di browser untuk dapat masuk ke WhatsApp di WhatsApp Web.Periksa informasi kontak Anda

    Cara lain untuk memeriksa apakah akun WhatsApp Anda telah diretas adalah dengan memeriksa apakah mereka telah memperbarui informasi profil Anda. Anda dapat memeriksanya dengan membuka “Pengaturan” dan memilih “Profil”. Dari sana, Anda dapat meninjau dan memeriksa keakuratan informasi akun Whatsapp Anda.

    Bagaimana Cara Mengamankan Akun WhatsApp?
    Setelah memeriksa akun Whatsapp Anda, hanya ada dua kemungkinan. Pertama, akun Whatsapp Anda telah diretas. Jadi sebaiknya segera ubah kata sandi Anda. Namun, kemungkinan lainnya adalah tidak ada yang dapat mengakses akun WhatsApp Anda.

    Untuk menjaga agar akun WhatsApp Anda tetap aman, berikut ini beberapa langkah untuk mengaktifkan keamanan tambahan.

    Langkah 1: Buka Whatsapp dan pergi ke “Pengaturan”.
    Langkah 2: Kemudian, Anda dapat mengetuk “Akun”.
    Langkah 3: Setelah itu, pilih “Verifikasi Dua Langkah” dan pastikan Anda mengetuk “Diaktifkan”.
    Langkah 4: WhatsApp kemudian akan meminta Anda untuk mengetikkan kode PIN enam digit dan kemudian, Anda dapat mengetuk “Berikutnya”.

    Setelah selesai mengatur autentikasi dua faktor, Anda kemudian akan diminta untuk mengetikkan kode PIN enam digit setiap kali membuka Whatsapp. Ini akan memberi Anda lebih banyak keamanan dan merasa lebih nyaman karena tidak ada yang dapat mengakses akun Anda selain Anda sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *