Untuk menikmati puasa yang lancar, seseorang harus memperhatikan asupan makanan dan gizinya selama menjalan puasa

oleh -335 views

Untuk menikmati puasa yang lancar, seseorang harus memperhatikan asupan makanan dan gizinya selama menjalan puasa. Puasa memungkinkan tubuh melakukan detoksifikasi secara alami. Tetapi manfaat puasa tidak bisa maksimal jika tidak memperhatikan asupan makanan saat sahur, buka puasa dan makan malam.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari selama berpuasa. Ini dia ulasannya.

Gorengan

Jenis makanan ini akan menyebabkan sistem pencernaan bekerja lebih keras dan juga membuat tubuh mudah lelah. Saat puasa, tubuh butuh detoksifikasi dan kerja ringan. Jadi, sebaiknya kurangilah untuk mengkonsumsi gorengan selama puasa.

Minuman yang Hanya Mengandung Sukrosa

Seseorang perlu segera meningkatkan kadar gula dalam tubuh mereka selama buka puasa. Minuman yang hanya mengandung sukrosa seperti teh dengan gula saja tidak cukup karena tubuh juga membutuhkan glukosa dan fruktosa.

Disarankan mengkonsumsi kurma karena buahnya mengandung glukosa, fruktosa, sukrosa, serta banyak serat, kalium, kalium dan vitamin A. Anjuran lainnya adalah minum jus mangga, pisang atau pepaya.

Makanan Mengandung Lemak Jenuh

Saat makan subuh, disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang dapat diolah secara perlahan dan bertahap oleh tubuh. Jadi saat berpuasa direkomendasikan mengkonsumsi makanan dengan protein rendah lemak agar tubuh tidak mudah lelah.

Makanan yang Memicu Asam Lambung
Sebaiknya hentikan mengkonsumsi makanan atau minuman yang akan memicu asam lambung saat makan subuh atau buka puasa, misalnya makanan dan minuman pedas atau asam yang mengandung kafein.

Makanan yang Menyebabkan Gas

Hindari makan makanan yang akan menimbulkan gas, seperti nangka, durian, dan minuman berkarbonasi. Disarankan juga bagi mereka yang berpuasa untuk menghindari makanan yang tinggi kalori dan dapat menyebabkan dehidrasi dengan cara mengganggu proses detoksifikasi.

Tidak hanya dari segi makanan, untuk mendapatkan puasa yang lancar dan tetap bugar juga harus memerhatikan istirahat yang cukup dan kesehatan yang baik. Semoga Sahabat Fimela bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar tanpa hambatan. Semoga bermanfaat.

No More Posts Available.

No more pages to load.