Variasi menu bubur bayi organik untuk Si Kecil

oleh -525 views

Tumbuh kembang merupakan salah satu aspek terpenting bagi anak. Salah satu hal yang penting untuk menunjang tumbuh kembang anak adalah kecukupan nutrisi.

Apalagi setelah memasuki usai enam bulan, si kecil sudah mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI atau yang disebut dengan MPASI.  Bahan-bahan yang digunakan untuk MPASI, dr. Ameetha Drupadi, dokter konserlor laktasi, mengatakan bisa mencakup serelia, umbi-umbian, kacangan-kacangan, buah, susu, ikan, daging, dan unggas.

“Bahan-bahan cokelat baru bisa diberikan pada anak di atas sembilan bulan,” tambahnya.

Untuk MPASI kudapan siap konsumsi yang bisa diberikan seperti biskuit, dan puding. “Jadi disesuaikan dengan kemapuan anak,” ucapnya.

Bubur bayi organik yang bisa menjadi menu MPASI untuk si kecil dan bisa dibuat di rumah. Melansir Sehatq, berikut ini langkah-langkahnya.

1. Pastikan tangan dan peralatan masak bersih, dengan mencuci dan membilasnya terlebih dahulu.

2. Bersihkan buah dan sayuran, lalu potong kecil-kecil.

728×90 Leaderbord

3. Panggang atau kukus buah dan sayur menggunakan microwave hingga lunak.

4. Mengukus buah maupun sayur menggunakan microwave dapat mempertahankan nutrisi buah dan sayur.

5. Haluskan buah dan sayur meggunakan food processor atau blender.

6. Campurkan sedikit tambahan cairan seperti air, ASI atau susu formula pada adonan.

7. Jika Si Kecil sudah siap menyantap makanan bertekstur, buah dan sayur dapat dihaluskan dengan cara ditumbuk.

8. Tempatkan makanan ke dalam wadah kedap udara, kemudian simpan di dalam lemari es atau freezer.Hangatkan makanan ketika jam makan tiba, kemudian biarkan dingin sebelum dikonsumsi Si Kecil.

Selain itu, ada pula cara sederhana untuk membuat bubur bayi organik, yaitu dengan menghaluskan buah, seperti alpukat, pisang dan pir, yang kemudian bisa langsung dilahap Si Kecil.

1. Beras merah

Untuk membuatnya menjadi bubur bayi organjk, olah beras merah menjadi nasi, kemudian haluskan menjadi bubur. Campurkan bersama potongan kecil sayur-sayuran pilihan. Lalu, aduk hingga rata.

2. Pisang

Kupas dan potong pisang menjadi potongan kecil, haluskan bisa dengan garpu atau blender. Jika sudah halus, simpan di wadah lalu tambahkan ASI. Aduk hingga rata.

3. Wortel

Untuk disantap Si Kecil, wortel dapat dicampur bubur maupun diblender dan dijadikan smoothies yang lebih mudah dicerna.