Vietnam menerima gelombang pertama 117.000 dosis vaksin Covid-19 buatan Astrazeneca

oleh -471 views

Vietnam menerima gelombang pertama 117.000 dosis vaksin Covid-19 buatan Astrazeneca pada Rabu (24/2). Seperti dilaporkan Reuters, kedatangan vaksin itu menjelang peluncuran program imunisasi yang berlangsung mulai Maret depan.

Vaksin tiba di Kota Ho Chi Minh setelah penerbangan dari Korea Selatan. Vaksin akan digunakan untuk menginokulasi lebih dari 50.000 orang yang dianggap berisiko tinggi.

Wakil Menteri Kesehatan, Truong Quoc Cuong, berada di bandara untuk menerima pengiriman vaksin yang diterbangkan dari Seoul.

SK Bioscience Korea Selatan memiliki pabrik yang telah disetujui untuk memproduksi vaksin Astrazeneca.

“Vietnam menargetkan untuk mendapatkan 90 juta dosis vaksin Covid-19 tahun ini, termasuk 30 juta dosis melalui skema pembagian vaksin internasional Covax, 30 juta dosis dari Astrazeneca dan sisanya dari negosiasi dengan Pfizer,” kata kementerian kesehatannya.

Pemerintah mengatakan pengiriman yang tiba pada Rabu (24/2) adalah bagian dari 30 juta dosis yang akan dibawa oleh Stok Bersama Vaksin Vietnam, satu perusahaan yang dibentuk untuk menangani impor dan distribusi vaksin.

Vietnam berharap untuk menerima 1,3 juta dosis lagi pada akhir Maret dan 9,5 juta dosis pada kuartal kedua. Negara ini berharap untuk menerima 25,9 juta dosis dan 51,1 juta dosis masing-masing pada kuartal ketiga dan terakhir.

728×90 Leaderbord

“Kami dapat memastikan bahwa kami memiliki cukup vaksin untuk program vaksinasi Covid-19,” kata kementerian kesehatan.