Virus Corona telah membuat semua orang sadar akan pentingnya kebersihan diri

0 118

Virus Corona telah membuat semua orang sadar akan pentingnya kebersihan diri, lingkungan, dan barang-barang di sekitar. Virus Corona ini dapat menempel di pakaian ataupun benda-benda di sekitar penderita. Maka dari itu, penting untuk selalu mencuci tangan secara rutin karena barang yang kamu sentuh belum tentu terbebas dari virus atau kuman.

Ada beberapa hal yang harus selalu kamu bersihkan untuk membantu mencegah penyebaran virus Corona ini, dengan menggunakan disinfektan. Saat membersihkan, fokus pada barang-barang dan tempat-tempat yang paling sering kamu sentuh, sehingga kamu dapat melakukan pembersihan seefektif mungkin.

Melansir dari realsimple.com, berikut adalah beberapa barang yang harus kamu bersihkan secara rutin karena mungkin saja terdapat banyak virus dan kuman bersarang di sana.

1. Ponsel

Kamu pasti menyentuh ponsel berkali-kali sepanjang hari. Walaupun rajin mencuci tangan dengan benar, namun jika tidak rutin membersihkan ponsel, sama saja virus ataupun bakteri yang ada di ponsel akan kembali menempel ke tanganmu. Untuk membersihkannya, jaga kebersihan tangan dalam keadaan bersih, bersihkan permukaan dengan kain microfiber antibakteri, dan semprotkan pembersih ke kain untuk mencegah kerusakan. Lepaskan casing dan lap dengan kain bersih yang dicelupkan ke dalam alkohol 70%, lalu biarkan kering.

2. Keyboard

Keyboard komputer adalah pengumpul kuman dan celah-celahnya sangat sulit untuk dijaga kebersihannya. Untuk membersihkannya dengan cepat, gunakan semprotan udara untuk menghilangkan remah dan debu pada keyboard. Untuk mendisinfeksi, lap permukaan dengan alkohol 70%, berhati-hatilah agar cairan tidak menetes ke dalam sela-sela keyboard.

3. Gagang pintu dan saklar

Kuman bertahan lebih lama pada suatu benda. Untuk mendisinfeksi gagang pintu dan sakelar lampu di rumah, bersihkan dengan produk penghancur kuman, seperti Disinfecting Wipes atau semprot dengan alkohol 70%. Pastikan semua gagang pintu dan saklar yang ada di rumah telah kamu bersihkan.

4. Meja

Karena diterapkannya sistem kerja dari rumah, penting untuk kamu membersihkan zona kerja di rumah. Tidak masalah apakah itu ruang kerja yang lengkap atau meja dapur Anda yang berubah menjadi kantor sementara. Pastikan untuk menggunakan semprotan desinfektan atau lap pada permukaan meja dan kursi. Jangan lupa untuk membersihkan pegangan laci ataupun barang-barang di sekitar meja kerja.

5. Remote TV

Untuk mengisi waktu luang, menonton TV adalah pilihan termudah. Ingat, remote TV bisa saja menyimpan bakteri yang perlu kamu bersihkan. Untuk membersihkannya, pertama-tama lepaskan baterai. Kemudian gunakan kain bersih yang dicelupkan ke dalam alkohol 70% dan gunakan Q-Tip untuk membersihkan tombol dengan hati-hati. Pastikan remote tersebut benar-benar kering sebelum memasang kembali baterai dan menyalakan film favorit kamu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ