Wadan Kodiklatal Buka Dikmaba dan Dikmata PK TNI AL Tahun 2021 Satdik-2 Makassar

oleh -210 views

 

 

Kodiklatal Makassar, 1 Mei 2021,Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Wadan Kodiklatal) Mayor Jenderal  TNI (Mar) Lukman ST., M.Si (Han)., CHRMP mewakili Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat secara resmi membuka program Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Prajurit Karier (PK) TNI AL  Angkatan I Tahun 2021 Satuan Pendidikan -2 (Satdik-2) yang dilaksanakan di Dermaga Layang Makasar, Sabtu (1/5/2021)

Pendidikan pertama TNI AL di Satdik-2 Makassar tersebut  merupakan salah satu implementasi Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M yaitu pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI Angkatan Laut yang unggul, profesional dan tangguh dalam rangka menghadapi segala ancaman.

 

Pembukaan pendidikan tersebut diikuti 250 orang dengan rincian 100 orang siswa Dikmaba dan 150 siswa Dikmata. Dari 100 orang Dikmaba terdiri 90 orang pria dan 10 orang sisanya Wanita.

Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nirhidayat dalam sambutan yang dibacakan Wadan Kodiklatal mengucapkan selamat atas keberhasilan pemuda – pemudi yang lolos dalam seleksi penerimaan calon siswa Dikmaba dan Dikmata TNI AL. Menurutnya keberhasilan tersebut patut disyukuri, karena hanya pemuda – pemudi yang terpilih untuk bergabung dalam pendidikan ini dan siap dididik menjadi prajurit TNI AL yang bermoral, professional dan berani.

Lebih lanjut dikatakan bahwa pendidikan calon prajurit TNI AL ini  akan dilaksanakan selama 6 bulan yang terbagi dalam 3 tahap yaitu pendidikan dasar keprajuritan selama 3 bulan, pendidikan dasar golongan selama 1 bulan dan pendidikan dasar golongan lanjutan selama 2 bulan.

Sedangkan tujuan Dikmaba dan Dikmata PK TNI AL adalah untuk mendidik dan membekali calon prajurit TNI AL menjadi prajurit pejuang sapta marga yang memiliki kesamaptaan jasmani serta profesionalisme matra laut dengan pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan, kematraan serta spesialisasi sesuai kejuruannya, sehingga mampu melaksanakan tugas sebagai Bintara dan Tamtama TNI AL dimanapun ditempatkan baik di satuan operasional KRI maupun di staf.

Hadir dalam pembukaan Dikmaba dan Dikmata tersebut, Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Makassar Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP, Direktur Umum (Dirum) Kodiklatal Laksma TNI Rubiyanto, S.E., M.M., CHRMP, Pangkosekhanudnas II Marsekal Pertama (Marsma) TNI Ian Fuady, Kaskoops AU II Marsma TNI  Widyargo Ikoputra, S.E., M.M., Danlanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Danet Hendriyanto, Kapoksahli Pangdam XIV/Hsn Brigjen TNI Andi Kaharuddin S.I.P,M.M, Wadan Lantamal VI Kolonel Marinir Y. Rudy Sulistyanto, S.E., Walikota Makassar, Dansatdik-2 Makassar,  para pejabat  utama jajaran Mako Lantamal VI Makassar, para Danlanal jajaran Lantamal VI, Wakil Bupati Takalar , sejumlah pejabat Forkopimda Sulawesi Selatan  serta Forkopimda Kota Makassar dan Kabupaten yang berada di Sulawesi Selatan

No More Posts Available.

No more pages to load.