Wadan Kodiklatal Pimpin Paparan Rencana Lima Kegiatan Lattek Siswa

oleh -102 Dilihat

 

Surabaya, 22 Maret 2022,– Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Wadan Kodiklatal) Laksamana Muda TNI Agus Hariadi memimpin paparan rencana lima kegiatan Latihan Praktek (Lattek) siswa Kodiklatal. Paparan tersebut dilaksanakan di Ruang Joglo Pokgadik Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, (22/3/2022).

Kelima rencana Lattek tersebut adalah Lattek Berganda Siswa DiktukpaAngkatan LII TA 2022 Puslatdiksarmil, Lattek Dikko 168 Siswa Dikmata Angkatan XLI/1 Pusdikif Kodikmar, Lattek Pelayaran Wira Jala Yudha XVI Siswa Dikmaba Angkatan XLI/2 Pusdikpel, Lattek Widhayaka Pratama Siswa Dikmata Angkatan XLI/1 Pusdikpomal dan Paparan Kesiapan Peringatan Hardikal Tahun 2022.

Selain Wadan Kodiklatal, pejabat yang hadir dalam paparan tersebut Inspektur Kodiklatal Brigjen TNI Mar Amir Faisol, Kapokgadik Kodiklatal Laksma TNI Zulkifli Mahmud, para Direktur Kodiklatal, para Komandan Kodik dan Komandan Puslat dijajaran Kodiklatal. Selain itu hadir pula para Paban di bawah Ditdik, Ditjianbang dan Ditum.

Paparan pertama Lattek Berganda Siswa Diktukpa Angkatan LII TA 2022 oleh Dansepa Puslatdiksarmil Letkol Laut (P) Johanes Bagus Wibowo menyebutkan bahwa Lattek akan dilaksanakan selama 16 hari di Puslatpur Purboyo Kabupaten Malang, terbagi empat tahap. Tahap pertama Lattek menembak meliputi menembak senapan, pistol dan Senjata Mesin Ringan (SMR). Tahap dua Lattek berganda meliputi jurit tangkas dan jurit malam, perembesan, lempar granat, pioner, Lattek kompas, sedangkan tahap tiga yakni Sea and Jungle Survival meliputi praktek Eksersisi perahu karet, penggunaan lifrat, menangkap dan memasak binatang. Tahap keempat atau terakhir yaitu gerakan lintas medan (Limed) dengan jalan kaki.

Paparan kedua Lattek Dikko 168 Siswa Dikmata Angkatan XLI/1 Pusdikif Kodikmar disampaikan oleh Danseta Pusdikif Mayor Marinir Novry F. Galoh, menyampaikan bahwa tujuan dari lattek Dikko adalah untuk membekali dan melatih siswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan tentang teknik dan taktik pertempuran di berbagai medan dengan kesatuan tim maupun perorangan. Sedangkan sasaran latihan adalah agar siswa dapat melaksanakan problem tahap dasar komando, tahap laut, tahap hutan, tahap operasi khusus dan problem lintas medan dengan baik dan benar.

Sedangkan paparan ketiga Lattek Wira Jala Yudha XVI Siswa Dikmaba Angkatan XLI/2 Pusdikpel disampaikan oleh Komandan Sekolah Komunikasi Letkol Laut (P) Mustafa, menyampaikan bahwa Lattek Pelayaran Wira Jala Yudha XVI Siswa Dikmaba Angkatan XLI/2 akan dilaksanakan selama tiga hari menggunakan KRI Makassar-590 yang merupakan unsur Kapal Satuan Amfibi Koarmada II.

Lattek ini melibatkan siswa dari tiga Kodik yaitu Kodikopsla Kodikdukum dan Kodikmar dengan tujuan mengenalkan kehidupan Peraturan Dinas Dalam Khas TNI AL saat kapal berlayar dan peran-peran di KRI dalam operasi laut sedangkan bagi siswa Korps Marinir mengenalkan dasar-dasar operasi amfibi.

Paparan keempat Lattek Widhayaka Pratama Siswa Dikmata Angkatan XLI/1 Pusdikpomal disampaikan bahwa Lattek Fungsi Pomal Widhayaka Pratama siswa Pusdikpomal ini terdiri empat rangkaian Lattek, rangkaian pertama adalah Jurit tangkas Polisi Militer meliputi meluncur tali, merayap tali, panjat tebing (free climbing), body hesty, river crossing, sit repling, tali temali dan Ilmu Membaca Medan dan Peta (IMMP).

Rangkaian kedua adalah Polisi Militer dalam Ops TNI AL meliputi Problem Pengambilan Tawanan Perang dan Rustaper, Problem Troldik, Problem Pungdamah, Problem Yudha Kelana, Problem olah TKP Laka-Lalin dan Problem Olah TKP Pembunuhan. Sedangkan paparan terakhir tentang kesiapan pelaksanaan Hardikal tahun 2022.

Kegiatan paparan rencana kegiatan Lattek siswa Kodiklatal ini merupakan tindak lanjut dari program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono yaitu membangun Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul, profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.

No More Posts Available.

No more pages to load.