WAGUB AAL PIMPIN UPACARA PERINGATAN HUT KE-74 TNI AL, BACAKAN AMANAT KASAL

0 20

Surabaya, 10 September 2019.Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (Wagub AAL) Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E. bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 TNI Angkatan Laut tahun 2019 di lapangan Banda, Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya, Selasa (10/9).

Pada upacara peringatan HUT ke-74 TNI Angkatan Laut tahun 2019 tersebut, Wagub AAL membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. dihadapan peserta upacara.

Dalam sambutan tertulis, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. mengatakan, selama 74 tahun TNI Angkatan Laut telah menunjukkan jati dirinya sebagai komponen pertahanan negara tangguh ditengah perubahan lingkungan strategis yang kian dinamis.

Menurut Kasal, ancaman tradisional dan non-tradisional pada lingkungan nasional dan regional menuntut perhatian terus-menerus serta tindakan mitigasi yang tepat. “Selama ini pula, TNI Angkatan Laut telah secara aktif terlibat dalam menjamin kepentingan maritim Indonesia, terutama pada pelaksanaan tugas sesuai amanat Undang-Undang”.

Selain itu, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. menyampaikan bahwa selaras dengan visi pemerintah lima tahun kedepan, area yang menjadi fokus utama untuk TNI Angkatan Laut tahun ini adalah peningkatan pembangunan sumber daya manusia. “Karena tingginya tingkat profesionalisme dan komitmen yang ditunjukkan oleh prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut dengan jelas merupakan bekal pokok di jalur kemajuan bangsa Indonesia”.

“Hal ini sesuai dengan tema peringatan HUT TNI Angkatan Laut kali ini, yaitu Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun SDM Unggul, Fondasi Indonesia Maju,” ungkap Kasal.

Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. mengungkapkan bahwa kekuatan pertahanan sebuah negara terukur dalam komponen konseptual, fisik dan moral dengan faktor sumber daya manusia sebagai tulang punggungnya. “Dengan demikian, keunggulan SDM TNI Angkatan Laut merupakan tuntutan yang sudah tidak dapat ditawar-tawar lagi. Kita semua berkeinginan agar TNI Angkatan Laut diawaki oleh prajurit yang terlatih, terdidik, dilengkapi secara baik dan dijamin kesejahteraannya sesuai dengan jati diri prajurit TNI sebagai Tentara Profesional”.

Kebijakan pembangunan TNI Angkatan Laut kedepan, kata Kasal, selain untuk mencapai kesiapan operasional, juga diarahkan pada peningkatan profesionalisme personel. “Untuk itu, lembaga pendidikan dan lembaga pelatihan dilingkungan Angkatan Laut harus mampu membangun karakter prajurit yang mampu menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan tantangan tugas serta memiliki kejuangan yang tinggi, sehingga mampu menghadapi perubahan dan persaingan dunia yang semakin ketat dan membutuhkan kualitas SDM yang tepat juga.

“Kedepan kita membutuhkan SDM yang menguasai keterampilan dan menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi keangkatanlautan (Naval Technology) sekaligus berbudi pekerti luhur dan berkarakter kuat”, kata Kasal.

“Sebelum mengakhiri amanat, perlu saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut: Pertama. Tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa serta amalkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai landasan pengabdian kepada bangsa dan negara, Kedua. Jawab tantangan bangsa ke depan, dengan upaya membangun SDM TNI Angkatan Laut yang unggul sebagai prajurit profesional yang berpedoman pada Sumpah Prajurit, Sapta Marga,
Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut, Ketiga. Kembangkan diri dan tingkatkan kesiapsiagaan untuk mampu menghadapi tantangan
global yang semakin kompleks dan dinamis dengan mengembangkan pola pikir dan pola tindak yang adaptif, produktif, inovatif dan kompetitif, Keempat. Jalin semangat persatuan dan kesatuan bangsa dengan semua lapisan masyarakat sebagai kekuatan dasar sistem pertahanan negara kita dan tingkatkan jiwa kekeluargaan sesama prajurit TNI Angkatan Laut serta jalin Soliditas dan Sinergitas TNI Angkatan Laut dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia dimanapun kalian bertugas dan Kelima. Kembangkan intuisi dan naluri sebagai prajurit matra laut serta tanamkan nilai nilai maupun tradisi TNI Angkatan Laut dalam kehidupan sehari hari”.

Hadir pada upacara, pejabat utama AAL dan diikuti para prajurit, PNS dan Taruna AAL.

Kabagpen AAL, Letkol Laut (KH) Ag. Imam S, S.Sos. M.M.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ