Wakil Ketua Komisi IX DPR, Emanuel Melkiades Laka Lena meminta pemerintah untuk segera membayar klaim rumah sakit

oleh -239 views

Wakil Ketua Komisi IX DPR, Emanuel Melkiades Laka Lena meminta pemerintah untuk segera membayar klaim rumah sakit (RS) yang menangani pasien Covid-19. Pembayaran klaim RS harus segera dilakukan bila telah memenuhi berbagai syarat yang telah ditentukan.

“Terkait persoalan klaim RS yang belum dibayarkan kepada RSUP, RSUD, RS swasta, dan klinik dalam pelayanan kesehatan kepada pasien Covid-19 sudah menjadi perhatian Komisi lX DPR dalam berbagai rapat dengan Kementerian Kesehatan, BPJS Kesehatan, dan Kementerian Keuangan,” ujar wakil rakyat yang akrab disapa Melki Laka Lena seperti yang dikutip oleh B1News.

Melki mengatakan, semua laporan yang sudah diselesaikan sesuai aturan oleh Kemkes dan dicek kembali oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) harus segera dibayar oleh Kemkeu. Sehingga, kata dia, pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan untuk pasien Covid-19 dan non-Covid-19 bisa berjalan secara optimal.

Khusus bagi fasilitas kesehatan non-pemerintah, misalnya RS swasta yang membantu pelayanan kesehatan bagi pasien Covid-19 dan non-Covid-19 harus mendapat perhatian serius pemerintah. Klaim RS yang sudah memenuhi ketentuan dan terverifikasi, ujar Melki, perlu segera dibayar klaimnya untuk memastikan pelayanan kesehatan tetap berjalan dengan baik.

“Pembayaran klaim RS atau klinik harus dilakukan secara periodik dalam waktu tertentu utk memberikan jaminan kepastian bagi manajemen fasilitas kesehatan,” ujar politisi Partai Golkar itu.

Melki juga meminta pemerintah untuk membuat regulasi dan mekanisme pembayaran klaim kepada fasilitas kesehatan lebih mudah, sederhana, dan cepat dengan tetap menjalankan asas akuntabilitas dalam semua prosesnya.

“Proses pelaporan administrasi pelayanan kesehatan pasien Covid-19 oleh fasilitas kesehatan kepada Kemkes yang diverifikasi oleh BPJS Kesehatan juga perlu dibuat sederhana, ringkas, dan akuntabel,” tuturnya.

Melki juga mengatakan, dana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) sektor kesehatan, khususnya pembayaran klaim RS, harus diutamakan dan menjadi prioritas utama. Dengan demikian, persoalan ini tidak mengganggu pelayanan kesehatan bagi pasien Covid-19 dan non-Covid-19.

“RS swasta perlu mendapatkan atensi khusus terkait klaim ini selain RS pemerintah. Sebab, keterbatasan cash flow dapat mengganggu kerja RS,” tegas Melki.

 

No More Posts Available.

No more pages to load.