Wakil presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) John Coates tiba di Jepang

oleh -331 views

Wakil presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) John Coates tiba di Jepang pada Selasa (15/6/2021), ketika penyelenggara melakukan persiapan akhir. Hanya tersisa waktu lima minggu hingga pembukaan Olimpiade Tokyo yang sempat tertunda akibat pandemi.

Coates akan dikarantina selama tiga hari dan tunduk pada beberapa pembatasan pergerakannya setelah itu.

“Sekitar 84% atlet telah divaksinasi. Kami tidak pernah bisa mencapai 100%, saya tidak membayangkan itu. Tetapi jika kami dapat mencoba mengidentifikasi siapa yang belum divaksinasi dan memastikan mereka divaksinasi,” kata Coates kepada harian Australian Financial Review sebelum berangkat ke Tokyo.

Menjelang kedatangannya, puluhan demonstran melakukan aksi protes Olimpiade di Tokyo, meskipun jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan oposisi publik mungkin melemah.

Di hari yang sama, penyelenggara dijadwalkan merilis versi final aturan penanggulangan virus untuk atlet. Mereka menyebutnya buku pedoman untuk menjaga acara tetap aman. Mereka telah mengumumkan sejumlah langkah, termasuk tes harian untuk atlet dan pelacakan GPS peliput yang datang dari luar negeri. Ini menjadi upaya untuk meyakinkan publik yang skeptis.

Jajak pendapat nasional secara teratur menunjukkan kebanyakan orang di Jepang menentang digelarnya Olimpiade musim panas ini. Kebanyakan lebih memilih penundaan atau pembatalan.

Tetapi dengan kedatangan atlet asing pertama di negara itu dan pejabat Olimpiade tiba, ada beberapa bukti bahwa penolakan mungkin menurun.

“Saya berharap mereka akan mengadakan Olimpiade dengan penonton,” kata Michiyo Saito (54).

Sementara itu, ratusan warga datang pada Selasa untuk menyaksikan tim berlatih.

“Mereka datang dari tempat yang sangat jauh, jadi saya ingin mendukung mereka dengan cara sekecil apa pun yang saya bisa. Saya takut dengan virus corona. Tetapi karena mereka tampaknya memiliki tindakan anti-virus, saya pikir itu akan baik-baik saja,” kata Saito.

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.