WARGA PESISIR MUARA TAWAR BEKASI ANTUSIAS SAMBUT SERBUAN VAKSINASI MARITIM TNI AL

oleh -197 views

 

Jakarta, 6 Juli 2021, Satya Wira Jala Dharma. Setelah warga pesisir Cilincing dan Marunda kemarin, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melaksanakan program serbuan vaksin Covid-19 masyarakat maritim menyasar wilayah pesisir Muara Tawar, Desa Segara Jaya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Selasa (6/7).

Kolinlamil melakukan serbuan vaksin maritim dengan cara jemput bola.
Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Arsyad Abdullah mengatakan, program ini merupakan perintah dari Presiden kepada Panglima TNI yang atensi langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono kepada jajaran TNI AL.

“Mulai tanggal 5 Juli hingga 7 Juli program ini terus kita jalankan. Ini juga sebagai bentuk dukungan percepatan vaksinasi Covid-19 yang digalakkan pemerintah,” kata Laksda TNI Arsyad Abdullah kepada awak media.

Panglima Kolinlamil menjelaskan, Kolinlamil melalui Staf Potensi Maritim dan Dinas Kesehatan tidak lagi menjalankan vaksinasi Covid-19 di satu tempat saja. Mereka akan mendatangi langsung setiap wilayah binaan potensi maritim yang terdapat target vaksin dan siap untuk divaksin.

“Jadi kalau ada kepala daerah atau kepala suatu instansi yang dihubungi atau menghubungi kita, bahwa ada warganya yang siap divaksin maka kita akan kesana, begitu juga wilayah pesisir dan kepulauan,” jelas Laksda TNI Arsyad Abdullah.

Sementara itu, Asisten Potensi Maritim Panglima Kolinlamil, Kolonel Laut (P) Daniel Mudji Rahadi mengungkapkan, pelaksanaan vaksinasi diwilayah pesisir mendapatkan animo yang tinggi dari masyarakat. Vaksinasi harian berharap mencapai target.

“Minat masyarakat terhadap vaksinasi cukup tinggi, dari target harian kita sebanyak 1000 orang, sampai saat ini tercapai 629 orang yang hadir” ungkap Kolonel Laut (P) Daniel Mudji Rahadi.

Ketika ke wilayah pesisir melakukan vaksinasi, tim vaksinator Dinas Kesehatan Kolinlamil kadang harus menghadapi rasa ketakutan masyarakat akan vaksin Covid-19. Banyak masyarakat takut akibat kabar hoaks mengenai vaksin Covid-19 yang mereka dengar selama ini, sehingga mereka tak ingin divaksin.

“Hal itu menjadi tantangan bagi tim vaksinator Dinas Kesehatan Kolinlamil untuk melakukan pendekatan, salah satunya dengan sosialisasi dan penyuluhan mengenai vaksin Covid-19,” ujar Asisten Potensi Maritim Panglima Kolinlamil.

Oleh karena itu Kepala Dinas Kesehatan Kolinlamil Letkol Laut (K) Slamet Raharja berharap masyarakat tidak lagi takut untuk menerima suntikan vaksin Covid-19, karena vaksin yang disiapkan oleh pemerintah bukanlah sesuatu yang berbahaya, apalagi vaksin sudah teruji secara klinis, aman, dan halal.

Pantauan di lokasi, ratusan warga pesisir utara Kabupaten Bekasi ini tampak antre tertib dengan tetap menjaga jarak dan mematuhi protokoker kesehatan di Balai UPTD Tempat Pelelangan Ikan Paljaya.
Sejumlah tenda besar didirikan.

Warga pesisir dan peserta vaksin lebih dulu mendaftar. Kemudian menunggu di tenda-tenda besar.
Setelah proses screening digelar, suntik vaksin di dalam gedung Balai UPTD TPI Paljaya.

Sebanyak 46 tenaga kesehatan dikerahkan yang berasal dari Diskes Kolinlamil, Satkes Seskoal dan Puskesmas Tarumajaya dan Akper Akfar Hangtuah.
Warga pesisir dan masyarakat maritim terus mendatangi lokasi vaksin.
Panglima Kolinlamil, Kepala Staf Kolinlamil, Irkolinlamil dan pejabat utama Kolinlamil lainnya ikut memantau pelaksanaan vaksinasi.

Pelaksanaan serbuan vaksin untuk masyarakat pesisir Muara Tawar Kabupaten Bekasi itu juga dipantau Kasal Laksamana TNI Yudo Margono melalui virtual. (Dispen Kolinlamil).

No More Posts Available.

No more pages to load.