YAKINKAN KESIAPSIAGAAN OPERASI, KEPALA STAF KOLINLAMIL SIDAK KRI

oleh -37 views

 

Jakarta, 13 Januari 2022 —— Kepala Staf Komando Lintas Laut Militer Laksma TNI Retiono Kunto melakukan inspeksi mendadak di KRI jajaran Kolinlamil yang sedang sandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (12/1).

Dua kapal perang, KRI Banjarmasin-592 dan KRI Amboina-503 disidak oleh Kepala Staf Kolinlamil untuk mengetahui kondisi riil KRI yang sedang sandar di pangkalan khususnya terkait dengan kesiapsiagaan dan kewaspadaan prajurit pengawak, kondisi teknis serta hal-hal lain yang berhubungan dengan kebersihan dan kerapian KRI. Selain itu, inspeksi tersebut bertujuan untuk meyakinkan bahwa secara operasional KRI siap dalam menghadapi tugas-tugas selanjutnya. Lain daripada itu, inspeksi tersebut bertujuan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan prajurit KRI dalam menjaga dan memelihara alutsista yang dipercayakan oleh negara.

Kepala Staf Kolinlamil yang didampingi Komandan Satlinlamil 1, Kolonel Laut (P) Tarus Rostiyadi memeriksa bagian dan ruangan KRI yang selama ini digunakan dalam mendukung operasi angkutan militer mulai dari haluan, buritan, anjungan serta segala hal yang terkait dengan mesin kapal, sistem navigasi, persenjataan, dapur umum, ruang Kesehatan, tank deck, akomodasi pasukan dan lounge room. Selama berada di KRI Banjarmasin-932, Kepala Staf Kolinlamil dan Dansatlinlamil 1 mendapatkan penjelasan dari Komandan KRI Banjarmasin Letkol Laut (P) Bambang Purnomo tentang kondisi personel dan material serta kesiapan KRI secara menyeluruh.

Demikian pula yang dilakukan Kepala Staf Kolinlamil di KRI Amboina-503, Komandan KRI Amboina-503 Letkol Laut (P) Agus Yunianto dengan lugas menyampaikan situasi kondisi teknis kapalnya. Khusus di KRI Amboina, Kepala Staf Kolinlamil menekankan untuk menciptakan suasana yang nyaman bagi personel yang on board baik pada saat operasi maupun di pangkalan. “Kebersihan dan kerapian ruang akomodasi ABK dan pasukan sudah cukup baik namun perlu ditingkatkan kembali. Kondisi kapal yang bersih dan rapi akan menciptakan kenyamanan prajurit yang on board, hal tersebut berdampak positif bagi moril prajurit agar tetap terjaga baik.” tegasnya.

KRI Banjarmasin-592 baru saja selesai melaksanakan dukungan angkutan laut militer Satgas Pamtas Papua yang purna tugas, Yonif 512 Quratara Yudha, Yonif 403 Wirasada Pratista dan Yonif 131 Braja Sakti. Sedangkan KRI Amboina-503 yang selesai melaksanakan tugas operasi angkutan laut militer mendukung pasukan TNI AD usai Satgas pengamanan daerah rawan (Pamrahwan) Maluku Utara Oktober 2021 lalu.

Sebelum meninggalkan kapal, Kepala Staf Kolinlamil menekankan kepada Komandan KRI dan prajuritnya agar selalu disiplin menjaga dan memelihara alat yang menjadi tanggung jawabnya, sehingga secara keseluruhan kapal perang sebagai alutsista TNI AL dapat terpelihara dan terjaga dengan baik. (Dispen Kolinlamil)

No More Posts Available.

No more pages to load.