Yayasan Az-Zikra, yang berlokasi di Sentul, Bogor, Jawa Barat, mendadak heboh karena keputusan sepihak yang diambil oleh dewan pembina yayasan untuk mengeluarkan Rania Bawazier

Yayasan Az-Zikra, yang berlokasi di Sentul, Bogor, Jawa Barat, mendadak heboh karena keputusan sepihak yang diambil oleh dewan pembina yayasan untuk mengeluarkan Rania Bawazier

SELEBRITAS54 Dilihat

Yayasan Az-Zikra, yang berlokasi di Sentul, Bogor, Jawa Barat, mendadak heboh karena keputusan sepihak yang diambil oleh dewan pembina yayasan untuk mengeluarkan Rania Bawazier, atau yang akrab disapa Umi Rania, istri kedua dari mendiang Ustaz Arifin Ilham.

Kakak Umi Rania, Nazmi Bawazier, mengungkap kronologi kejadian. Ia menyebut awalnya tidak ada komunikasi antara pihak yayasan dengan Umi Rania dan keluarga.

“Selama ini kami mendukung yayasan dan perjuangannya, tetapi tiba-tiba tidak ada komunikasi. Ini hanya masalah adab, apalagi beliau adalah seorang tokoh dan guru yang dituakan. Hingga saat ini, tidak ada konfirmasi kepada kami,” kata Nazmi Bawazier, Kamis (16/5/2024).

Ia menyebut pihaknya mendapat undangan dari yayasan pada akhir Februari lalu. Saat itu, diputuskan Umi Rania beserta istri-istri dari mendiang Arifin Ilham dikeluarkan.

“Memang ada undangan pada tanggal 27 Februari, saya hadir mewakili Umi Rania dan di sana beliau (Ustaz Abdul Syukur) memutuskan istri-istri dikeluarkan. Itu yang membuat saya kecewa,” kata Nazmi.

Ia mengungkap keluarga Umi Rania telah mengirimkan somasi atas keputusan tersebut. Pasalnya, pihak keluarga juga telah meminta konfirmasi alasan mengapa Umi Rania dikeluarkan.

“Kami mengirim somasi atas keberatan adik saya yang dikeluarkan dari dewan pembina tanpa adanya komunikasi,” ucap Nazmi Bawazier.

“Seharusnya, jika ada komunikasi yang baik, semuanya bisa selesai. Saya ingin meluruskan bahwa segala sesuatu yang tidak sesuai dengan prosedur hukum tidak dibenarkan oleh siapa pun. Jangan berlindung di balik nama lain, semuanya harus ditindak sesuai aturan,” tambahnya.

Ia menyebut syarat utama untuk mengeluarkan dewan pembina adalah jika diminta, wafat, atau melakukan pelanggaran hukum.

“Saya sudah mencoba konfirmasi, tetapi tidak ada tanggapan. Saya sampaikan hal ini ke Umi Rania, sehingga kami mengambil langkah hukum dan mengirimkan somasi. Hubungan kami baik-baik saja, jadi kenapa tidak bisa bersikap beradab?” ucapnya.

“Jika yang terbaik adalah Umi Rania tidak lagi menjadi dewan pembina, kami tidak masalah. Alvin juga ada di sana sebagai zuriah, tetapi jangan memutarbalikkan dan tidak prosedural dalam perubahan akta tersebut,” tambahnya.

Diketahui, Umi Rania adalah istri kedua mendiang Ustaz Arifin Ilham. Mereka menikah pada tahun 2010. Dari pernikahan tersebut, Umi Rania dikaruniai tiga anak, yaitu Alaa Hifzhiyah Arifin, Muhammad Ahya Fillah, dan Akhsya Zakiya Arifin.