Yayasan Hang Tuah Laksanakan MoU Dengan Mandalika Maritime Center( MMC) Mataram- NTB

Yayasan Hang Tuah Laksanakan MoU Dengan Mandalika Maritime Center( MMC) Mataram- NTB

Daerah491 Dilihat

 

Mataram,(21/02).”Sebagai wujud kepedulian terhadap pembangunan nasional terutama dalam mencerdaskan anak bangsa , Yayasan Hang Tuah terus melakukan pengembangan dan pembaharuan ( develop and reform) untuk merespon kebutuhan stakeholders ( siswa, orang tua siswa, masyarakat profesi dan masyarakat pengguna lulusan) serta mempersiapkan generasi untuk mewujudkan Indonesia Maju, konsep Merdeka Belajar menjadi arah kebijakan Yayasan untuk menciptakan lulusan yang berkarakter bahari, inovator, mandiri dan unggul, hal ini sesuai dengan visi dan misi SMA Hang Tuah 3 Plus Pelayaran Mataram , yaitu menjadi sekolah Nasional yang berstandar Internadional yang mewujudkan insan yang mampu meneruskan cita-cita bangsa serta mampu bersaing di era globalisasi yang berbekal TAMBORA ( Think smart, Agood character, Marelous, Brave, Open Minded, Religius And Realistic, And Ambitious)” demikian sambutan Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn) Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P pada saat MoU Yayasan Hang Tuah dengan Mandalika Maritime Center (MMC) yang berlangsung Kamis,( 21/02/24) di kantor MMC jalan Koperasi No. 76 Ampenan Tengah Mataram- NTB.

Pelaksanaan MoU antara Yayasan Hang Tuah dengan MMC tersebut di tandatangani oleh Ketum Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn) Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P dengan Direktur Mandalika Maritime Center (MMC) Capt. Febrian Primananda Hariawan, S.ST., M.Mar di saksikan oleh Anggota Pembina Bidang Umum YHT Laksma (Purn) Dr. Ir. Trismadi, M.Si., IPU, Anggota Pengawas YHT Laksma (Purn) Nanang Eko Ismurdianto, S.Sos., M.M., C. Fr.A., CRMP, Kabidbang YHT Kol (Purn) Zaenal Abidin Irawan, S.H., M.H, Kapeng Perwakilan Mataram Darmawi, S. Adm, Kasatdik TK Hang Tuah 17 Ulyani, S.Pd dan Kasatdik SMA Hang Tuah 3 Plus Pelayaran Muhiddin, S.Pd serta undangan lainnya.

MoU yang berlangsung untuk menjalin kemitraan strategis yang bertujuan untuk memperkuat pengembangan sumber daya manusia (SDM) di sektor kemaritiman. Kerja sama ini mencakup berbagai inisiatif yang dirancang untuk meningkatkan kapasitas, keterampilan, pengetahuan di sektor kemaritiman, memperluas akses terhadap pendidikan berkualitas bagi masyarakat.

Selanjutnya core kesepakatan dari Mandalika Maritime Center dengan Yayasan Hang Tuah Pusat atau kedua belah pihak adalah kerja sama di bidang pendidikan yang memiliki value plus dari sektor kemaritiman pada jenjang SMA (SMA Hang Tuah 3 Plus Pelayaran Mataram). Ketum YHT Laksda(Purn) Dr. Dani Achdani, S. Sos. , S.E., M.A.P, selaku Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Pusat mengungkapkan bahwa “kerja sama di bidang pendidikan ini merupakan kali pertama dilakukan oleh Yayasan Hang Tuah . Harapan kami tentunya konsep pendidikan yang akan diselenggarakan di SMA Hang Tuah 3 Plus Pelayaran Mataram dapat menjadi percontohan untuk pendidikan di zaman yang semakin modern khususnya di NTB, lanjut ungkap beliau.

Sementara itu Direktur Mandalika Maritime Center Capt. Febrian Primananda Hariawan, S.ST., M.Mar mengungkapkan , dengan sinergi antara Mandalika Maritime Center dan Yayasan Hang Tuah Pusat, diharapkan dapat tercipta ekosistem pendidikan dan pelatihan yang inklusif dan berkelanjutan. Melalui kolaborasi ini, kedua lembaga ini berkomitmen untuk mendukung pembangunan sektor kemaritiman Indonesia dan mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan dan peluang di masa depan untuk Generasi Emas Indonesia.

Di bawah ketentuan MoU yang di tanda tangani pada 22 Februari 2024, kedua belah piha telah berkomitmen untuk sejumlah kegiatan kolaboratif, termasukn bersinergi untuk melaksanakan pendidikan dan pelatihan yang bermutu dengan konsep SMA Plus Kemaritiman, menjamin lulusan SMA Hang Tuah 3 Plus Pelayaran Mataram bekerja di sektor kemaritiman.

Ketum YHT beserta rombongan sebelum pelaksanaan MoU antara MMC dengan Yayasan Hang Tuah, sebelumnya telah mengunjungi TK Hang Tuah 17 melihat dari dekat kondisi Satdik dan sarprasnya dan setelah usai MoU, melaksanakan tatap muka sekaligus memberikan pembekalan kepada guru dan karyawan yang berlangsung di SMA Hang Tuah 3 Plus Pelayaran Mataram, kemudian melaksanakan peninjauan sarpras sekolah tersebut( yht/dar).