Yayasan Hang Tuah  Pulihkan  Pendidikan  Pasca  Erupsi Semeru

oleh -4 Dilihat

 

 

Surabaya,(06/01/22)Yayasan Hang Tuah selama tiga minggu turut berperan aktif dalam menangani Mitigasi Bencana Pasca Erupsi Semeru, hal ini dapat dilihat dari hadirnya belasan guru-guru di tingkat Taman Kanak-Kanak. Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Kolonel Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto, M.Si Rabu,(05/01/22) secara resmi menutup rangkaian kegiatan tersebut yang berlangsung di SMPN Candipuro Lumajang.

 

Yayasan Hang Tuah selama tiga minggu ,(21 Des 2021- 5 Januari 2022) turut berperan aktif dalam menangani Mitigasi Bencana Pasca Erupsi Semeru khususnya di  desa Penanggal, Candipuro, Pasirian.

 

Hal ini dapat dilihat dari hadirnya belasan guru-guru di tingkat Taman Kanak-Kanak yang dengan kesadaran tinggi ingin membantu saudara-sauaranya  yang sedang menghadapi musibah .

 

Para orang tua merasa senang dan terhibur dengan metode  pembelajaran yg di sampaikan oleh para guru dari YHT, orang tua murid juga bersatu padu/ berpartisipasi bersama-sama guru.

 

Guru relawan dari Yayasan Hang Tuah  tersebut selama 3 minggu menyasar  anak-anak di usia dini/ Taman Kanak-Kanak dari tempat- tempat pengungsian dengan memberikan materi berupa permainan, menyanyi, mendongen ,  game edukatif, gerak dan lagu, , story telling,  pemberian menu makan sehat,  bantuan  dalam bentuk snack, sembako, tas sekolah yg berisikan perlengkapan alat-alat tulis .

 

Luar biasa semangt para guru-guru TK dari Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya, mereka rela berkorban meninggalkan anak dan keluarga, mereka  sangat menjujung tinggi  jiwa pengorbanan bagi warga kurban erupsi semeru yang sangat memerlukan uluran tangan dari warga yang lain.

 

 

Semetara itu Kapeng Yayasan Hang Tuah , atas kehadiran para guru TK kali ini dapat mempraktekkan bagai mana mengatasi mitigasi bencana yang menjadi tiga tahap, pra bencana, saat bencana dan pasca bencana. Kehadiran guru dari Yayasan Hang Tuah yang berada di lokasi pengungsian  SMPN Candipuro ingin mencoba  mengatasi mitigasi pasca bencana dengan membuat figur pelajar Pancasila,  dengan penekanan pada pendidikan berkarakter dan life skill.  Jadi bukan hanya retorika di buku, bukan hanya konsep, namun mereka dapat mengaplikasikan baik gurunya maupun siswanya.

 

Para guru TK dapat mengatasi   trauma healling  kepada siswa berusia dini/ TK, Sementara itu para guru dan siswa dari SMA Hang Tuah 1 yang memiliki doble track/ Perhotelan dapat menyajikan farian berbagai masakan untuk para pengungsi  dimana selama ini mereka mendapat kiriman dari donatur berupa nasi bungkus.

 

Kehadiran guru dan siswa dari  SMA Hang Tuah 1 Perhotelan menyuguhkan beberapa jenis masakan ala sajian dihotel-hotel berbintang sehingga para pengungsi dapat merasakan masakan  tersebut sehingga mengurangi akan kejenuhan makanan.

 

Sementara itu  Sekertaris Daerah Kabupaten Lumajang Drs. Agus Triyono, M.Si, relawan dari Yayasan Hang Tuah Surabaya yang berada di SMP N Candipuro telah mendelegasikn semua yang di punyai di Surabaya.

 

Harapannya adalah apa yang telah diberikan bisa diambil hikmahnya, manfaatnya,  diluar materi yang diterima oleh para pengungsi atas kinerja kemanusiaan yang telah dilakukan oleh relawan dari Yayasan Hang Tuah

 

Selama kegiatan  berlangsung Ketua MKKS YHT Hadi Sukiyanto, S.Pd., M.M dan Kabidik  YHT Dra. Ramayanti turut serta mendampingi Kapeng YHT.  Diakhir pertemuan Kapeng YHT Cabang Surabaya menyerahkan mesin Diesel beserta kelengkapannya  kepada Sekda Kab Lumajang  Drs. Agus Triyono.M.Si,  mesin diesel ini dapat di gunakan saat listrik mati, serta memberikan  cindera mata  berupa Tas Sekolah bagi siswa TK yang berada di pengungsian SMPN Candipuro.(yht/dar)

No More Posts Available.

No more pages to load.