Youtube mengumumkan akan menghapus fitur Stories dari platform mereka

TEKNOLOGI335 Dilihat

Youtube mengumumkan akan menghapus fitur Stories dari platform mereka. Pengguna tidak bisa lagi memposting Stories mulai 26 Juni 2023. Untuk postingan yang sudah ada akan kadaluarsa setelah tujuh hari. Fitur Youtube Stories ini pertama kali diluncurkan pada 2018 kepada pembuat konten yang memiliki lebih dari 10.000 subscribers atau pengikut.

Dikutip dari Techcrunch, Jumat (26/5/2023), pihak Youtube mengatakan alasan menghapus fitur Stories karena ingin lebih fokus pada fitur utama lainnya seperti Shorts, community posts, video live, selain tentunya konten tradisionalnya yang berdurasi panjang.

Kreator akan diberi tahu tentang penonaktifan fitur ini melalui berbagai saluran, seperti postingan forum, pesan dalam aplikasi, pengingat di Youtube Studio, dan lainnya.

Setelah diadopsi oleh hampir setiap aplikasi sosial, Stories memang mulai kehilangan daya tarik setelah kebangkitan Tiktok. Youtube juga tidak sendirian dalam meninggalkan Stories. Netflix di tahun-tahun sebelumnya juga telah menguji fitur mirip Stories yang disebut “Extras” di aplikasi selulernya tempat berbagi video dan foto dari acara populer.

Dengan dihapusnya fitur Stories, Youtube mengarahkan penggunanya untuk mulai mengoptimalkan fitur Shorts. Fitur ini disebut sebagai cara terbaik jika ingin membuat konten video pendek atau menjangkau penonton baru. Pihak Youtube menyebut, di antara kreator yang menggunakan Shorts dan Stories, rata-rata Shorts mendorong lebih banyak pengikut daripada Stories.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *