ZIARAH MENGENANG PERTEMPURAN LAUT ARAFURU

oleh -88 views

 

Dalam rangka mengenang jasa – jasa para pahlawan Kusuma Bangsa yang gugur mempertahankan NKRI dalam pertempuran di Laut Arafuru, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, S.E., M.M., M.Soc., Sc., hadir pada acara Ziarah Rombongan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa, Surabaya, Kamis (14/1). Ziarah ini dipimpin oleh Kepala Staf Koarmada II Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso, serta dihadiri para pejabat tinggi TNI AL yang ada di wilayah Surabaya.

Menurut Danlantamal V Laksma TNI Mohamad Zaenal, ziarah ini sebagai wujud penghormatan yang ditujukan untuk mengenang peristiwa heroik, pertempuran di Laut Arafuru, yang terjadi pada 15 Januari 1962. Dan pada tahun ini Lantamal V dipercaya untuk menggelar kegiatan ziarah tersebut.

Seperti diketahui, pertempuran Laut Arafuru telah menjadi peristiwa bersejarah bagi perjalanan bangsa ini, dimana pada 59 tahun yang lalu, KRI Macan Tutul tenggelam dalam pertempuran tersebut bersama dengan Komodor Yos Sudarso melawan Kapal Perang Belanda, hingga saat ini peristiwa tersebut dikenang dengan Hari Dharma Samudera yang jatuh pada 15 Januari.

Dalam rangka peringatan Hari Dharma Samudera di tahun 2021, selain menggelar ziarah, sebelumnya Komandan Lantamal V bersama dengan para Pejabat Utama Lantamal V juga melaksanakan kunjungan kepada para keluarga pelaku sejarah Pertempuran Laut Arafuru yang ada di wilayah Surabaya dan kota-kota sekitarnya.