Menteri Perdagangan (Mendag) Tiongkok Wang Wentao bertemu dengan CEO Apple Tim Cook pada 22 Maret 2024

 Menteri Perdagangan (Mendag) Tiongkok Wang Wentao bertemu dengan CEO Apple Tim Cook pada 22 Maret 2024

TEKNOLOGI159 Dilihat

Menteri Perdagangan (Mendag) Tiongkok Wang Wentao bertemu dengan CEO Apple Tim Cook pada 22 Maret 2024. Tiongkok siap bekerja sama dengan AS untuk menciptakan lingkungan adil, dan stabil bagi perusahaan-perusahaan kedua negara.

“Kerja sama ekonomi dan perdagangan antara Tiongkok dan Amerika Serikat (AS) merupakan faktor penting dalam menjaga hubungan bilateral yang stabil,” kata Wang dikutip dari Antara, Senin (25/3/2024).

Dalam pertemuan itu, keduanya saling bertukar pandangan mengenai berbagai topik, seperti perkembangan Apple di Tiongkok serta hubungan ekonomi dan perdagangan antara Tiongkok dan AS.

Wang menyatakan ekonomi Tiongkok memiliki ketahanan kuat dan fondasi sehat dalam jangka panjang. Tiongkok memiliki pasar sangat besar, sistem industri lengkap, sumber daya manusia berkualitas tinggi, dan lingkungan bisnis stabil serta terbuka.

Wang menyebut Tiongkok sedang mempercepat pengembangan kekuatan produktif baru yang didorong oleh inovasi, terutama di bidang teknologi tinggi, seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan komputasi awan (cloud computing), yang memberikan peluang besar bagi perusahaan-perusahaan global termasuk Apple.

Dia menyambut baik upaya Apple untuk terus mengembangkan bisnisnya di Tiongkok.

Sementara itu, Tim Cook menyatakan Tiongkok merupakan pasar strategis dan mitra penting dalam rantai pasokan bagi Apple karena kekayaan sumber daya manusia dan kuatnya inovasi di negara tersebut.

Dia menegaskan Apple tetap berkomitmen untuk pengembangan jangka panjang di Tiongkok dan akan terus meningkatkan investasi dalam rantai pasokan, penelitian dan pengembangan (litbang), serta penjualan di negara tersebut.