Air lemon dianggap memiliki banyak manfaat,Namun, mengonsumsi terlalu banyak minuman asam ini dapat memberikan efek samping

Air lemon dianggap memiliki banyak manfaat,Namun, mengonsumsi terlalu banyak minuman asam ini dapat memberikan efek samping

Tips148 Dilihat

Air lemon dianggap memiliki banyak manfaat, seperti mencegah dehidrasi, membantu pencernaan, dan membantu menurunkan berat badan.

Namun, mengonsumsi terlalu banyak minuman asam ini dapat memberikan efek samping berbahaya yang mungkin tidak terduga sebelumnya. Dikutip dari Health Shots, Berikut efek samping yang dapat terjadi saat terlalu banyak minum air lemon.

1. Kerusakan gigi
Lemon adalah buah yang sangat asam. Jika terlalu sering mengonsumsi air lemon, memiliki kemungkinan mengalami hipersensitivitas dentin dan kerusakan gigi karena sifat asam lemon tersebut.

2. Migrain
Buah lemon seringkali memicu migrain dan sakit kepala. Hal ini terjadi karena lemon menghasilkan tyramine. Ini merupakan monoamine alami yang sering menyebabkan sakit kepala. Jika Anda termasuk orang yang mudah mengalami sakit kepala ekstrem, disarankan untuk mengurangi asupan air lemon.

3. Pemicu penyakit lambung
Terlalu banyak mengonsumsi air lemon dapat menyebabkan masalah pencernaan, mulas, refluks asam, mual, bahkan muntah. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum meminum air lemon jika mengalami gejala apapun. Penderita penyakit gastroesophageal reflux (GERD) sebaiknya menghindari asupan air lemon berlebih.

4. Memperburuk sariawan
Sariawan adalah luka kecil yang menyebabkan nyeri yang timbul di mulut. Sebagian besar sariawan akan hilang dengan sendirinya dalam waktu satu atau dua minggu. Namun, menurut American Dental Association minum terlalu banyak air lemon berpotensi memperburuk sariawan yang sudah ada.

5. Memicu kulit terbakar
Buah jeruk terutama lemon mengandung psoralen, merupakan senyawa kimia yang dapat membuat kulit sensitif terhadap sinar UV-A. Meningkatnya sensitivitas cahaya pada kulit dapat menyebabkan sengatan matahari berlebih. Hal ini dapat memperburuk pancaran matahari dan menyebabkan fitofotodermatitis, yaitu jenis peradangan kulit terjadi karena bahan kimia nabati tertentu yang terjadi saat terkena sinar matahari.

6. Risiko kanker
Lemon mempunyai psoralen yang bersifat karsinogenik dan dapat menyebabkan kanker. Sebuah penelitian menyebutkan, peningkatan konsumsi air lemon dapat menyebabkan peningkatan risiko kanker kulit seperti melanoma. Dalam hal ini, berbagai ukuran dan corak seperti tahi lalat muncul di kulit. Bahkan bisa mengeluarkan darah tetapi tidak menimbulkan rasa sakit.

7. Efek pada tulang
Beberapa peneliti menyatakan bahwa air lemon dikaitkan dengan kesehatan tulang. Lemon dapat mengurangi pelumas yang ada di sela-sela sendi dan tulang seiring berjalannya waktu.

8. Kelebihan zat besi
Mineral apapun yang melebihi batas normal dalam tubuh kita akan berbahaya. Kadar zat besi yang normal penting untuk produksi energi, pembentukan hemoglobin, dan fungsi enzim tertentu dalam tubuh. Sesuai sebuah penelitian , vitamin C yang ada dalam air lemon dapat meningkatkan penyerapan zat besi .

Ini dapat bermanfaat bagi orang-orang dengan kadar zat besi rendah tetapi juga dapat menyebabkan hemochromatosis, yaitu kelebihan penyimpanan zat besi dalam tubuh yang dapat merusak organ dalam jangka waktu tertentu. Hal ini juga dapat menyebabkan kelemahan, kelelahan, kadar gula tinggi, dan pigmentasi kulit.