Berikut adalah beberapa manfaat utama dari melakukan olahraga ringan secara teratur

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari melakukan olahraga ringan secara teratur

Tips147 Dilihat

Berjalan kaki memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental, bahkan bisa membantu mencegah berbagai macam penyakit.

Dalam salah satu studi British Journal of Sports Medicine yang diterbitkan pada Februari 2023 menemukan, satu dari sepuluh kematian dini dapat dicegah jika setiap orang melakukan aktivitas fisik intensitas sedang seperti jalan cepat selama 11 menit setiap hari (kira-kira 75 menit per minggu).

Dilansir dari laman Eating Well, Kamis (21/3/2024), menurut National Institutes of Health (NIH), jalan kaki setiap hari dapat membantu menurunkan stres, mengontrol tekanan darah, meningkatkan kualitas tidur, memperkuat tulang, hingga meningkatkan kesehatan jantung.

Olahraga ringan selama 75 menit per minggu memang dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan, termasuk dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan kanker.

“Kami mengetahui aktivitas fisik, seperti berjalan kaki atau bersepeda, baik untuk tubuh terutama jika aktivitas tersebut meningkatkan ritme detak jantung Anda,” kata Profesor Pemodelan Transportasi dan Kesehatan di Unit Epidemiologi MRC, James Woodcock.

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari melakukan olahraga ringan secara teratur:

1. Meningkatkan kesehatan jantung
Melakukan olahraga ringan dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, dan stroke.

2. Mengontrol Berat Badan
Olahraga ringan membakar kalori dan membantu mengontrol berat badan. Ini dapat membantu dalam menjaga berat badan yang sehat dan mencegah obesitas.

3. Meningkatkan kesehatan mental
Aktivitas fisik terbukti meningkatkan kesehatan mental. Hal ini dapat mengurangi stres, kecemasan, dan depresi, serta meningkatkan suasana hati dan perasaan positif.

4. Meningkatkan kualitas tidur
Olahraga ringan membantu mengatur pola tidur. Berjalan kaki juga dapat membantu tubuh untuk beristirahat dengan baik, serta memulihkan diri setelah aktivitas sehari-hari.