Indonesia kalah 0-2 dari Qatar pada pertandingan grup A Piala Asia U-23 di Stadion Jassim bin Hamad

Indonesia kalah 0-2 dari Qatar pada pertandingan grup A Piala Asia U-23 di Stadion Jassim bin Hamad

Olahraga101 Dilihat

Indonesia kalah 0-2 dari Qatar pada pertandingan grup A Piala Asia U-23 di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, Senin (15/4/2024). Indonesia harus mengakhiri laga dengan sembilan pemain. Dengan kekalahan ini, Indonesia pun menjadi juru kunci klasemen sementara grup A.

Tuan rumah, yang menang 2-0 dalam laga Qatar vs Indonesia tersebut menguasai puncak grup A dengan 3 poin. Posisi kedua dan ketiga ditempati Australia dan Yordania yang sama-sama mendulang 1 poin.

Indonesia juga harus bermain dengan sembilan pemain setelah Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta mendapat kartu merah.

Kartu merah dikeluarkan wasit setelah Ivar Jenner dianggap melakukan pelanggaran terhadap pemain Qatar.

Beberapa menit kemudian, tepatnya menit ke-54, gawang Indonesia harus kebobolan untuk kedua kalinya setelah Ahmed Al-Rawi mencetak gol melalui tendangan bebas.

Ramadhan Sananta bahkan mendapat kartu merah langsung dalam laga tersebut. Sebelumnya, wasit mencabut kartu kuning, tetapi setelah melihat VAR, wasit langsung mengeluarkan kartu merah pada injury time.

Pelatih Shin Tae-yong juga memperoleh kartu kuning dalam pertandingan tersebut.

Sebelumnya, gol pertama tuan rumah dalam laga Qatar vs Indonesia  tersebut dicetak oleh Khalid Ali Sabah pada menit ke-45+1. Gol pada laga pertama bagi kedua tim di grup A Piala Asia U-23 tersebut dicetak Sabah melalui tendangan penalti.

Hadiah penalti diberikan wasit setelah menganggap bek Rizky Ridho melakukan pelanggaran terhadap pemain Qatar Mahdi Salem. Awalnya, wasit memberikan tendangan bebas bagi Indonesia setelah Rizky Ridho dan pemain Qatar terjatuh.

Namun, wasit memeriksa VAR, dan menyatakan Rizky Ridho melakukan pelanggaran dalam momen itu. Keputusan tersebut sempat diprotes para pemain Indonesia. Namun, wasit tetap pada keputusannya. Menunjuk titik putih. Sabah dengan dingin menaklukkan kiper Ernando.

Meski terus ditekan lawan, Timnas Indonesia sempat mengancam gawang Qatar, seperti dalam momen lemparan ke dalam yang dilakukan Pratama Arhan. Lemparan bek kiri ini selalu membuat para pemain Qatar waspada.

Indonesia mendapat momen emas ketika tendangan Rafael Struick meluncur deras ke sisi kiri gawang Qatar. Sayangnya, bola hanya membentur tiang gawang.

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong menurunkan lima bek pada formasi awal 5-3-2 untuk laga perdana Piala Asia U-23 melawan Qatar di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, Senin (15/4/2024) pukul 22.30 WIB.

Di posisi kiper, Ernando Ari kembali mendapat kepercayaan untuk menjaga gawang tim Garuda Muda.

Di depan Ernando, pelatih Shin Tae-yong menurunkan tiga bek tengah, yakni Muhammad Ferarri, kapten Rizky Ridho, dan Komang Teguh Trisnanda. Namun Komang juga dapat didorong sedikit ke depan untuk mengisi posisi gelandang bertahan.

Adapun posisi bek sayap menjadi milik Ilham Rio Fahmi di sisi kanan dan spesialis lemparan ke dalam Pratama Arhan di sisi kiri.

Trio lini tengah dihuni oleh Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, dan Arkhan Fikri. Tanggung jawab mencetak gol di lini depan diserahkan kepada Witan Sulaeman dan Rafael Struick.

Daftar susunan pemain Qatar vs Indonesia:
Qatar: Yousef Abdullah, Saifeldeen Hassan Fadlalla, Mohamed Emad Aiash, Alhashmi Mohialdin, Moustafa Tarek Mashal, Naif Alhadhrami, Khaled Ali Binsabaa, Abdulla Al Yazidi, Mahdi Salem Almejaba, Jasem Gaber Absulsallam, Ahmed Alrawi
Pelatih Ilidio Fernando Vale

Indonesia: Ernando Ari, Ilham Rio Fahmi, Muhammad Ferarri, Komang Teguh Trisnanda, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Arkhan Fikri, Witan Sulaeman, Rafael Struick
Pelatih: Shin Tae-yong