Asupan makanan saat berpuasa harus diperhatikan, salah satunya adalah buah. Berbagai manfaat terdapat dalam buah seperti kandungan serat

Asupan makanan saat berpuasa harus diperhatikan, salah satunya adalah buah. Berbagai manfaat terdapat dalam buah seperti kandungan serat

Tips142 Dilihat

Asupan makanan saat berpuasa harus diperhatikan, salah satunya adalah buah. Berbagai manfaat terdapat dalam buah seperti kandungan serat, vitamin, dan air yang baik untuk menjalankan puasa Ramadan.

Saat berpuasa Anda bisa memilih buah yang bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Berikut delapan buah-buahan yang dapat bikin perut Anda kenyang seharian.

1. Apel
Apel adalah buah yang baik dimakan agar dapat kenyang dalam waktu lama. Buah ini kaya akan serat larut, terutama pektin, yang memperlambat pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang serta membantu mengatur kadar gula darah, mencegah lonjakan tiba-tiba dan rasa lapar berikutnya.

2. Pir
Selain kandungan air yang tinggi, pir juga mengandung serat yang disebut pektin. Kandungan ini terbukti membantu memperlambat pencernaan, serta meningkatkan kesehatan mikrobioma usus Anda.

3. Alpukat
Alpukat kaya lemak sehat yang dapat memperlambat pengosongan lambung serta serat yang membantu pencernaan sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, alpukat juga memiliki tekstur lembut yang menambah cita rasa pada makanan.

4. Pisang
Dalam satu buah pisang utuh mengandung sekitar 3,5 gram serat. Kandungan serat ini membantu menjaga kesehatan pencernaan dan membuat tubuh terhindar dari rasa lapar.

5. Jeruk
Jeruk merupakan sumber vitamin C yang baik untuk tubuh. Kandungan air yang tinggi pada jeruk juga membantu sistem pencernaan yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama serta menjaga tubuh tetap terhidrasi dan memberikan energi selama puasa.

6. Semangka
Semangka mengandung 92% air dan karbohidrat. Dengan mengonsumsi semangka saat sahur akan menjaga Anda kenyang lebih lama saat menjalankan ibadah puasa.

7. Kiwi
Kiwi juga merupakan buah yang mengandung serat, tinggi antioksidan dan vitamin C. Kandungan tersebut mampu menjaga kondisi tubuh saat berpuasa dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

8. Blackberry 
Blackberry adalah buah yang sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari terutama saat puasa. Pasalnya, buah ini mengandung hampir 8 gram serat per cangkir. Selain itu, blackberry juga tidak mengandung terlalu banyak gula alami, menjadikannya buah yang sempurna untuk menjaga gula darah Anda.