Mudik Lebaran jadi momen puncak yang dinantikan setelah satu bulan berpuasa di bulan suci Ramadan

Mudik Lebaran jadi momen puncak yang dinantikan setelah satu bulan berpuasa di bulan suci Ramadan

Diva News242 Dilihat

Mudik Lebaran jadi momen puncak yang dinantikan setelah satu bulan berpuasa di bulan suci Ramadan. Tidak sedikit pemudik yang memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil atau motor.

Sejumlah persiapan tentu diperlukan untuk pengalaman berkendara yang aman dan nyaman. Bagi pengguna motor, berikut ini delapan persiapan motor untuk dipakai mudik Lebaran 2024.

1. Periksa kondisi motor
Memastikan kondisi mesin motor agar tetap prima menjadi hal utama yang harus dipersiapkan ketika mudik menggunakan motor. Ganti oli motor, periksa keausan ban, pastikan kondisi kampas rem depan dan belakang aman, periksa aki, dan lainnya. Agar lebih terjamin, lakukan pemeriksaan motor ke bengkel terdekat.

2. Pelajari rute perjalanan
Penting sekali mengetahui dan mempelajari rute perjalanan menuju kampung halaman saat berangkat mudik. Perhatikan rute yang dilewati aman, ingat titik-titik penting, seperti SPBU, bengkel motor, dan tempat istirahat.

Pelajari juga jalur alternatif sebagai solusi apabila terjadi kemungkinan adanya jalan rusak atau kemacetan. Perhatikan juga waktu perjalanan untuk merencanakan waktu keberangkatan, waktu istirahat, dan estimasi waktu untuk sampai di kampung halaman.

3. Perhatikan barang bawaan
Perhatikan barang bawaan saat melakukan mudik menggunakan motor pribadi, jangan sampai ada kelebihan barang bawaan. Cukup bawa barang yang diperlukan, sebab barang bawaan yang berlebih dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan selama berkendara.

4. Cek kesehatan tubuh
Cek kesehatan dan kondisi tubuh secara cermat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi selama perjalanan mudik. Pastikan kondisi tubuh bugar dan siap melakukan perjalanan jarak jauh, minum air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi, serta makan makanan yang sehat secara teratur. Apabila memiliki kondisi kesehatan khusus, jangan lupa untuk membawa obat-obatan dan perlengkapan medis yang diperlukan.

5. Lengkapi atribut perjalanan
Sebelum melakukan perjalanan mudik yang jauh, pastikan melengkapi atribut perjalanan dengan baik. Gunakan helm untuk melindungi area kepala, jaket tebal agar tidak terpapar angin atau sinar matahari secara langsung, sarung tangan, serta masker untuk terhindar dari debu dan asap kendaraan lain.

6. Dokumen kendaraan lengkap
Memastikan dokumen kendaraan wajib dilakukan. Surat kendaraan roda dua yang harus disiapkan, seperti SIM, KTP, STNK, dan BPKB motor.

7. Postur berkendara
Saat berkendara selama berjam-jam, duduklah dalam posisi netral agar otot-otot tubuh tetap rileks dan siap bereaksi terhadap tantangan selama perjalanan, jangan lupa beristirahat dan melakukan peregangan.

8. Perhatikan bahan bakar motor selama perjalanan
Jangan berasumsi bahwa setiap kota memiliki pom bensin. Ketahuilah berapa jarak tempuh yang dapat ditempuh dengan satu tangki bensin, berapa liter yang dapat ditampung oleh tangki bensin motor Anda saat diisi, dan cara menghitung jarak tempuh per liter. Hal ini dilakukan agar Anda bisa merencanakan pemberhentian berikutnya.