Sektor ganda putra Indonesia telah memastikan satu tempat di babak final turnamen BWF Super 300 Swiss Open 2024 di Basel

Sektor ganda putra Indonesia telah memastikan satu tempat di babak final turnamen BWF Super 300 Swiss Open 2024 di Basel

Olahraga153 Dilihat

Sektor ganda putra Indonesia telah memastikan satu tempat di babak final turnamen BWF Super 300 Swiss Open 2024 di Basel pada Minggu (24/3/2024).

Kepastian tersebut menyusul dua pasangan Indonesia, yakni unggulan pertama Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan unggulan ketiga Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang akan saling berhadapan pada babak semifinal, Sabtu (23/3/2024).

Bagas/Fikri menang atas wakil Thailand Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren di partai perempat final Swiss Open 2024 melalui dua gim langsung 21-19, 21-11.

Leo/Daniel mengikuti Bagas/Fikri setelah memenangi laga sengit atas unggulan keenam asal Malaysia Man Wei Chong/Kai Wun Tee.

Menurut pelatih ganda putra Indonesia Aryono Miranat, kedua pasangan masih memiliki peluang yang sama untuk melangkah ke babak final Swiss Open 2024 pada akhir pekan mendatang.

“Bagi Bagas/Fikri dan Leo/Daniel bisa sama-sama ke semifinal di Swiss Open untuk saling berhadapan adalah hasil yang cukup baik,” kata Aryono Miranat.

Aryono menambahkan, turnamen di Swiss Open 2024 dan Kejuaraan Asia menjadi penting bagi Bagas/Fikri agar bisa lolos ke panggung Olimpiade 2024 Paris.

“Peluang untuk Bagas/Fikri masih terbuka tetapi syaratnya harus bisa menjuarai dua turnamen terakhir di Swiss dan Kejuaraan Asia, itu pun juga masih melihat pesaingnya yang lain. Saya pesan kepada mereka untuk tetap semangat, fokus karena msh terbuka peluang,” jelasnya.

Untuk Leo/Daniel, ujar Aryono, walau secara matematis sudah tidak bisa mengejar untuk lolos Olimpiade, keduanya tidak boleh putus asa.

“Terus fokus mencari prestasi di setiap turnamen yang diikuti,” ujarnya menambahkan.

Sejauh ini, sebanyak lima wakil Indonesia sudah memastikan tempat di babak empat besar Swiss Open 2024.

Selain Bagas/Fikri dan Leo/Daniel, ganda putra lainnya, Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani juga melangkah ke babak selanjutnya setelah revans atas Choong Hon Jian/Muhammad Haikal (Malaysia) 21-16, 22-20 di babak perempat final Swiss Open 2024.

Tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung pun melangkah ke babak semifinal Swiss Open 2024 setelah mengalahkan unggulan kedelapan asal Thailand Pornpawee Chochuwong 21-13, 21-13.

Unggulan pertama Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti mengalahkan unggulan ketujuh Margot Lambert/Anne Tran (Prancis) 21-13, 21-13.