Wing Udara 1 Gelar Uji Kesamaptaan Jasmani Rutin bagi Personelnya

Wing Udara 1 Gelar Uji Kesamaptaan Jasmani Rutin bagi Personelnya

Olahraga31 Dilihat

 

TNl AL-Dispen Puspenerbal (9/5/2024).
Dalam upaya membina dan mengukur kemampuan fisik prajurit, Wing Udara 1 Puspenerbal menggelar Uji Kesamaptaan Jasmani rutin periode ke-1 tahun 2024 bagi seluruh personelnya yang digelar di Lapangan Mako Wing Udara 1 Tanjungpinang kemarin.

Sebelum pelaksanaan kesamaptaan di awali dengan pemeriksaan tensi dari tim kesehatan BP Lanudal Tanjungpinang untuk mengetahui kondisi dan kesehatan masing-masing personel.

Uji Kesamaptaan Jasmani sendiri, pelaksanaannya meliputi Samapta Baterai A, B dan C yakni, lari 12 menit dilanjut dengan pull up, sit up, push up, shuttle run dan renang.

Menurut Komandan Wing Udara 1 Tanjungpinang, Kolonel Laut (P) Gugus Wahyu Utomo mengatakan bahwa tes samapta atau kesegaran jasmani yang digelar dua kali dalam setahun ini, wajib hukumnya diikuti seluruh personel.

“Periode pertama ini, digelar antara Januari hingga Juli dan periode ke-2 di gelar antara Juli hingga Desember,” terangnya.

Tes Kesegaran Jasmani ini lanjutnya, merupakan salah satu tolak ukur sejauh mana pembinaan yang dilakukan Satuan terhadap personel dijajarannya.

Menurutnya, pembinaan kesegaran jasmani ini juga merupakan salah satu bentuk kesejahteraan yang diberikan dinas kepada seluruh personel, khususnya yang berdinas di Wing Udara 1 Puspenerbal.