Bayer Leverkusen mencatat sejarah baru dengan meraih gelar juara Liga Jerman untuk pertama kalinya setelah mengalahkan Werder Bremen

Bayer Leverkusen mencatat sejarah baru dengan meraih gelar juara Liga Jerman untuk pertama kalinya setelah mengalahkan Werder Bremen

Olahraga102 Dilihat

Bayer Leverkusen mencatat sejarah baru dengan meraih gelar juara Liga Jerman untuk pertama kalinya setelah mengalahkan Werder Bremen dengan angka telak 5-0, Senin (15/4/2024) dini hari WIB. Mereka berhasil menjadi juara Bundesliga dengan lima pertandingan tersisa.

Tim yang diasuh Xabi Alonso ini kini mengoleksi 79 poin, jumlah yang tidak mungkin dikejar oleh Bayern Munchen dan VfB Stuttgart, yang menempati peringkat kedua dan ketiga dengan 63 poin dari 29 pertandingan.

Kemenangan Leverkusen terjadi berkat hattrick yang dicetak oleh Florian Wirtz, ditambah satu gol dari Victor Boniface dan Granit Xhaka.

Dengan posisi puncak klasemen dan total 79 poin dari 29 laga, Leverkusen tidak dapat dikejar oleh pesaing terdekatnya, Bayern Munchen dan VFB Stuttgart.

Prestasi ini merupakan penutup yang sempurna bagi penantian panjang Leverkusen, yang sebelumnya hanya pernah mencapai posisi kedua di Liga Jerman.

Leverkusen mendominasi pertandingan dengan memiliki 56% penguasaan bola dan 19 percobaan gol, lima di antaranya berbuah gol.

Dalam upaya menyegel gelar di hadapan pendukungnya, Leverkusen langsung tampil menyerang. Gol pertama mereka datang pada menit 25 melalui tendangan penalti Victor Boniface setelah Justin Hofmann dilanggar di kotak penalti.

Pada menit 60, Granit Xhaka mencetak gol dari jarak jauh, sementara Florian Wirtz menambah dua gol lagi pada menit 62 dan 83, sebelum mencatat hattrick dengan golnya pada menit 90.

Keberhasilan Bayer Leverkusem sekaligus mengakhiri dominasi Bayern Munchen yang sebelumnya selalu menjadi juara dalam 11 musim beruntun antara musim 2011/12 sampai 2022/2023.